Sukses

Pantang Bosan Berkunjung ke Kota Lumpia, Ini Rekomendasi Wisata Hidden Gem di Semarang

Berikut rekomendasi wisata hidden gem Semarang yang bisa dijadikan alternatif liburan.

Liputan6.com, Semarang - Kota Semarang memiliki beberapa destinasi wisata hidden gem yang bisa dijadikan pilihan untuk liburan. Pilihannya pun beragam, ada wisata alam, wisata sejarah, hingga wisata seni dan budaya.

Mengutip dari beberapa sumber, berikut rekomendasi wisata hidden gem Semarang yang bisa dijadikan alternatif liburan:

1. Brown Canyon

Brown Canyon di Kota Semarang digadang-gadang mirip dengan tebing Grand Canyon di Amerika Serikat. Sebelum menjadi tempat wisata, Brown Canyon sebenarnya merupakan area pertambangan yang telah beroperasi selama lebih dari 10 tahun.

Seiring berjalannya waktu, area ini pun membentuk perbukitan dan tebing yang cantik. Akhirnya, keindahan itu dimanfaatkan sebagai destinasi wisata yang bisa dinikmati siapa saja.

Destinasi wisata Semarang yang berlokasi di Desa Rowosari, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, ini memiliki pemandangan khas daerah gurun tandus. Terdapat banyak spot foto menarik untuk pengunjung, seperti tebing-tebing dan perbukitan buatan yang tercipta karena aktivitas tambang.

2. Candi Gedong Songo

Kompleks candi Hindu ini terletak di kaki Gunung Ungaran, tepatnya di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Letaknya berada di ketinggian 1.200 mdpl.

Konon, candi ini dibangun pada abad ke-8 oleh Kerajaan Mataram Kuno yang dipimpin Rakai Mataram Sang Ratu Sanjaya. Candi Gedong Sogo baru ditemukan pada 1804 oleh Sir Thomas Stamford Raffles.

Awalnya hanya terdapat tujuh candi saja. Namun, arkeolog asal Belanda bernama Van Stein Callenfels menemukan dua candi lainnya sekitar 1908 sampai 1911.

3. Curug Lawe Benowo

Curug Lawe Benowo berlokasi di Hutan Kalisidi, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Destinasi wisata ini terdiri dari dua curug, yaitu Curug Lawe dan Curug Benowo.

Dari area parkir, pengunjung harus melakukan trekking ke dalam hutan untuk menuju kedua curug tersebut. Selama trekking, pengunjung bisa menyaksikan panorama hutan yang hijau dan sungai kecil.

Jika beruntung, pengunjung juga bisa melihat satwa asli Hutan Kalisidi, lutung, dari atas jembatan romantis. Biasanya lutung akan muncul di pagi maupun sore hari. Selain lutung, terkadang beberapa hewan lainnya juga kerap muncul, seperti ular, kupu-kupu, hingga kijang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Eling Bening

4. Eling Bening

Eling Bening merupakan destinasi wisata hidden gem di Semarang yang berada di perbukitan Ngrawan, tepatnya di Jalan Sarjono, Bawen, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang. Diresmikan pada 2015, destinasi wisata ini menawarkan panorama indah dari Rawa Pening, Gunung Merbabu, serta Pegunungan Andong dan Telomoyo.

Selain bisa menikmati pemandangan indah, pengunjung juga bisa menikmati sajian di restoran, menikmati fasilitas kolam renang, play ground, arena outbound, hingga taman bunga. Tak lupa, terdapat berbagai spot foto menarik yang disediakan oleh pihak pengelola.

5. Museum Kota Lama

Museum Kota Lama diresmikan pada Februari 2022 dan dibuka untuk umum pada Maret 2022. Museum ini berlokasi di Jalan Cendrawasih No.1a, Purwodinatan, Semarang Tengah, Kota Semarang.

Museum Kota Lama menampilkan sejarah Kota Semarang sejak 1547. Cerita sejarah tersebut ditampilkan melalui teknologi imersif canggih yang dapat membuat pengunjung seolah masuk ke dalam dunia virtual yang ditampilkan.

6. Semarang Contemporary Art Gallery

Destinasi hidden gem di Kota Semarang kali ini sangat cocok untuk para pencinta seni, yaitu Semarang Contemporary Art Gallery. Berlokasi di Jalan Taman Srigunting No.5, Tanjung Mas, Semarang Utara, tempat ini merupakan sebuah museum seni yang mengusung interior minimalis.

Karya seni para seniman lokal maupun mancanegara kerap dipamerkan di sini. Tak hanya lukisan, Semarang Contemporary Art Gallery juga kerap menampilkan karya 3D (tiga dimensi) atau karya seni lainnya.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini