Sukses

Deretan Tempat Wisata yang Jadi Jejak Peninggalan RA Kartini

Beberapa tempat tersebut pun dibuka untuk umum, sehingga memungkinkan masyarakat untuk mengetahui cerita heroik RA Kartini pada masa lampau.

Liputan6.com, Jepara - Raden Ajeng Kartini merupakan tokoh emansipasi yang memperjuangkan hak-hak perempuan agar dapat mengenyam pendidikan. Jejak-jejak RA Kartini yang memiliki andil besar dalam sejarah ini juga banyak ditemukan di beberapa sudut nusantara.

Beberapa tempat tersebut pun dibuka untuk umum, sehingga memungkinkan masyarakat untuk mengetahui cerita heroik RA Kartini di masa lampau.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut deretan tempat wisata yang jadi jejak peninggalan Kartini:

1. Monumen Ari-Ari Kartini

Monumen Ari-Ari Kartini berada di Desa Pelemkerep, Kecamatan Mayong, Jepara. Monumen ini merupakan lokasi dikuburnya ari-ari atau plasenta Kartini sewaktu lahir.

Ari-ari tersebut dipendam dalam tanah sesuai dengan adat Jawa. Didirikan pada 1979, monumen ini memiliki bentuk menyerupai bunga teratai yang bermakna kelahiran.

Kuncup kedua bunga teratai ini berjumlah 21 yang mewakili tanggal lahir Kartini. Selain itu, ada juga empat buah lampu menunjukkan bulan April dan 18 kuncup paling bawah yang menunjukkan tahun 1800.

2. Museum RA Kartini Jepara

Museum RA Kartini Jepara berlokasi di Jalan Kartini, Panggang I, Jepara. Museum ini berisi sejumlah peninggalan Kartini berupa benda dan karya tulis.

Selain itu, juga terdapat koleksi dan dokumentasi benda-benda bersejarah dan budaya yang tersebar di daerah jepara. Jika dilihat dari atas, ketiga gedung museum ini berbentuk huruf K, T, dan N yang merupakan singkatan dari nama Kartini.

3. Museum RA Kartini RembangMuseum R.A. Kartini Rembang berlokasi di Jalan Gatot Subroto No.8, Kutoharjo, Rembang. Setelah menikah dengan Bupati Rembang RM. Djojohadhiningrat, Kartini diboyong ke Rembang, sehingga sebagian jejak hidup Kartini juga berada di kota di pesisir utara Jawa Tengah ini.

Banyak peninggalan Kartini yang masih tersimpan di museum ini. Banyak koleksi museum berupa barang rumah tangga, seperti meja makan, kursi, ranjang, cermin, meja rias, foto keluarga, dan sebagainya.

4. Pantai Kartini

Pantai Kartini menjadi salah satu destinasi wisata populer di Jepara. Pantai ini terletak sekitar 2,5 kilometer dari Pendopo Kabupaten Jepara.

Saat berkunjung ke sini, pengunjung bisa melihat akuarium raksasa yang berwujud kura-kura, yakni Kura-Kura Ocean Park. Melalui tempat wisata Jepara Pantai Kartini, pengunjung juga bisa berlibur ke Taman Laut Nasional Karimunjawa.

5. Pendopo Kabupaten Jepara

Pendopo Kabupaten Jepara atau Pendopo Kartini dahulu dibagi menjadi beberapa ruangan. Pembagian ruangan dengan menggunakan penyekat ini salah satunya digunakan sebagai ruang pingitan Kartini saat menunggu lamaran tiba.

Selain itu, ada pula ruang berkumpul keluarga, ruang makan, dan tempat tidur Kartini dan saudaranya. Pada bagian belakang pendopo terdapat serambi yang menjadi salah satu perwujudan perjuangan Kartini yang mendirikan sekolah perempuan.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini