Sukses

8 Ragam Nasi Goreng Khas Nusantara, Wajib Dicoba

Kelezatan nasi goreng tak hanya dinikmati masyarakat lokal, melainkan juga wisatawan mancanegara.

Liputan6.com, Yogyakarta - Nasi goreng merupakan salah satu kuliner Indonesia yang mendunia. Tak hanya memiliki satu jenis saja, beberapa daerah di Indonesia memiliki beragam kreasi nasi goreng yang nikmat.

Kelezatan nasi goreng tak hanya dinikmati masyarakat lokal, melainkan juga wisatawan mancanegara. Mengutip dari berbagai sumber, berikut ragam nasi goreng khas nusantara:

1. Nasi Goreng Aceh

Nasi goreng aceh memiliki aroma khas karena menggunakan banyak bumbu rempah. Selain itu, nasi goreng jenis ini juga dimasak dengan saus tiram. Nasi goreng aceh umumnya dinikmati bersama acar bawang dan keripik emping.

2. Nasi Goreng Gila

Nasi goreng yang satu ini dijuluki nasi goreng gila karena porsinya yang banyak dengan bahan beragam. Nasi goreng ini berisi telur, ayam, hati, ampela, sosis, seafood, jamur, bakso, caisim, kol, dan sawi.

3. Nasi Goreng Jawa

Nasi goreng jawa adalah nasi goreng yang paling banyak ditemukan. Kuliner yang juga disebut nasi goreng kampung ini dimasak dengan cara tradisional.

Biasanya, para penjual menggunakan anglo atau kayu untuk memasak nasi goreng ini. Nasi goreng jawa identik dengan rasa manis dengan tampilan kecoklatan.

4. Nasi Goreng Magelangan

Nasi goreng magelangan memadukan nasi dengan tambahan mi dan taoge. Saat akan dicampur ke nasi goreng, sebelumnya mi sudah direbus terlebih dahulu.

Proses pembuatan nasi goreng magelangan sama seperti nasi goreng pada umumnya. Bumbu halus berupa bawang merah, bawang putih, kemiri, ebi, dan terasi ditumis terlebih dulu.

Kemudian, bumbu tersebut dimasak bersama telur orak arik dan ayam suwir. Selanjutnya, mi dan nasi dimasukkan bersama bumbu penyedap dan dimasak hingga bumbu meresap.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nasi Goreng Merah

5. Nasi Goreng Merah

Nasi goreng merah merupakan nasi goreng khas yang bisa ditemukan di Makassar. Warna merah pada nasi berasal dari saus tomat yang digunakan sebagai bumbu. Biasanya, masyarakat setempat menggunakan saus tomat produksi lokal.

6. Nasi Goreng Padang

Selain rendang, sate, dan telur balado, ada juga masakan khas Sumatra lainnya yang terkenal yaitu nasi goreng padang. Nasi goreng ini memiliki tekstur yang lebih kering.

Hal itu karena nasi goreng padang diolah dengan sedikit minyak. Ciri lainnya adalah adanya tambahan taburan seledri dan suwiran daging kering.

7. Nasi Goreng Rendang

Nasi goreng dan rendang adalah dua kuliner Indonesia yang juga populer hingga mancanegara. Ternyata dua makanan ini bisa dikombinasikan untuk menghasilkan rasa yang lebih menggugah selera.

Caranya cukup menumis bawang merah, bawang putih, bawang bombay, telur, dan bumbu rendang. Kemudian, nasi dimasukkan sedikit demi sedikit dan diberi sedikit kecap manis dan merica.

8. Nasi Greng Terasi (Belacan)

Nasi goreng terasi atau nasi goreng balacan sangat cocok dijadikan menu sarapan. Tak hanya lezat, nasi goreng ini juga memiliii aroma yang menggoda.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini