Sukses

Rencana Pembangunan Patung Soekarno Tuai Polemik, Hengky Kurniawan: 10 T Bukan Cuma Buat Patung

Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan baru-baru ini ditanyai warganet buntut rencana pembangunan patung Soekarno di Bandung Barat.

Liputan6.com, Bandung - Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan baru-baru ini menyampaikan rencana pembangunan patung Soekarno di kawasan perkebunan Walini, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat. Pembangunan patung ini rencananya akan dibarengi dengan adanya pembangunan kota mandiri.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kota mandiri tersebut dikabarkan akan dibagun diatas lahan sekitar 1.270 hektar di kawasan perkebunan Walini dengan pembangunan oleh Konsorsium Ciputra, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII, dan seniman Nyoman Nuarta.

Hengky Kurniawan mengungkapkan, pembangunan ini mempunyai nilai investasi sebesar Rp10 triliun. Terdapat juga pembangunan lainnya seperti perumahan, perkantoran, hingga pusat bisnis.

"10 triliun itu bukan hanya pembuatan patung Soekarno ya, tapi satu kawasan yang mungkin kalau diakumulasikan dengan pembangunan yang lain bisa lebih," ucap Hengky.

Melalui kabar tersebut, warganet pun turut memberikan komentar terkait rencana pembangunan di kawasan Walini. Salah satunya menyampaikan kritik di kolom komentar unggahan Hengky Kurniawan di Instagram pribadinya.

"Hallo pembangunan patung Soekarno unfaedah yah mending pake aspal jalan toh uang dari hasil pajak mohon Akhirat itu ada loh," ujar salah satu akun.

Hengky pun langsung memberikan respons terkait kritikan warganet tersebut. Ia menjelaskan jika pembangunan yang direncanakan tersebut bukan dari Pemda melainkan investor.

"Bukan Pemda yang bangun. Tapi investor," tulis akun @hengkykurniawan dikutip Rabu (16/8/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanggapan Warganet Lainnya

Selain Instagram, di media sosial Twitter juga sejumlah warganet turut memberikan kritikan terkait rencana tersebut. Beberapa di antaranya menduga jika pembangunan sebesar Rp 10 triliun tersebut hanya untuk pembangunan patung Soekarno.

"Kayaknya patung nya bakalan lapis emas sampe 10 T," tulis salah satu akun.

"10T banget? untuk apa? lebih baik dana nya dialokasikan buat hal lain yg lebih berguna," ungkap warganet lainnya.

"10 Triliun mending buat ngatasin stunting ga sih? Don't get me wrong, I respect Ir. Soekarno so much as bapak proklamasi dan presiden pertama RI, tapi bikin patung 10 triliun tuh buat apa??? Maksudnya, latung doang gitu, diliat doang," kata akun lainnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini