Sukses

Kisah Wiwit Nurhidayah, Raih 4 Gelar Akademik di Usia 25 Tahun

Pada usia 25 tahun Wiwit lulus Program Doktor Kimia Fakultas MIPA, Universitas Padjadjaran (Unpad).

Liputan6.com, Bandung - Wiwit Nurhidayah, pada usianya yang ke 25 tahun, telah menyandang empat gelar akademik. Terakhir, ia resmi bergelar Doktor (Dr.) usai sidang terbuka pada Program Doktor Kimia Fakultas MIPA, Universitas Padjadjaran (Unpad), pekan ini, Selasa, 8 Agustus 2023.

Wiwit lulus program doktor dengan predikat “pujian” setelah mempertahankan disertasinya yang berjudul “The Cellular and Preclinical Evaluations of [125/131]Ialpha Mangostin as Radiopharmaceutical Candidate for Breast Cancer”.

Sementara tiga gelar yang telah disandang Wiwit sebelumnya yakni Sarjana Farmasi (S.Farm.), Apoteker (Apt.), Magister Sains (M.Si.,).

“Jujur gak nyangka bisa sampai ke S-3, dan bahkan nggak ada bayangan mau jadi Doktor,” kata Wiwit dilansir dari situs Unpad, Rabu, 9 Agustus 2023.

Doktor muda asal Garut, kelahiran 2 April 1998, itu lulus Sarjana dari Fakultas Farmasi Unpad pada 2018 akhir. Setelahnya, langsung melanjutkan program Profesi Apoteker sambil mengajukan lamaran program beasiswa Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU).

Ia pun berhasil menjadi penerima beasiswa dan diterima pada Program Magister dan Doktor Kimia FMIPA Unpad.

“Awalnya saya targetkan bisa dapat PMDSU pada 2021, tetapi alhamdulillah bisa dapat lebih cepat di 2019,” katanya.

Dalam proses riset dan studinya, Wiwit dipromotori oleh beberapa profesor dari Indonesia juga Jepang, di antaranya adalah Prof. Dr. Toto Subroto dan Prof. Tomoya Uehara, PhD, dari Chiba University, Jepang.

Riset tesis dan disertasi yang dilakukan Wiwit merupakan lanjutan skripsinya tentang potensi buah manggis, di bawah bimbingan Prof. apt. Muchtaridi, PhD. Dari hasil penelitiannya, Wiwit berhasil memublikasikan dua publikasi ilmiah pada jurnal Q-1 sebagai penulis pertama.

“Syukur teman-temannya juga suportif dan kebanyakan teman-teman saya juga dari Kimia, jadi biasanya belajar privat sama teman yang sudah lebih paham,” ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4 Gelar Akademik di Usia Muda

Awalnya, Wiwit hanya menargetkan untuk mengambil studi sampai Magister terlebih dahulu baru kemudian menabung untuk melanjutkan ke program Doktor. Ia pun mendengar kisah tentang beasiswa PMDSU dari dosennya saat kuliah Sarjana. Setelah ditelusuri, ia pun memiliki ketertarikan untuk mengambil program tersebut.

Program Kimia menjadi pilihan program studi untuk melanjutkan kuliah. Kendati demikian, Wiwit menyadari bahwa selama ini ia belum terlalu menguasai ilmu kimia secara keseluruhan. Diakuinya, ia masih lemah pada beberapa bidang ilmu dari kimia.

Berhasil meraih empat gelar akademik di usia muda, Wiwit masih berjibaku untuk mewujudkan cita-citanya. Karier keilmuannya tidak berhenti hanya sampai Doktor. Saat ini, ia berencana untuk melanjutkan studi Post-doctoral.

“Mungkin orang lain bilang oh udah dapat gelar tinggi lalu sudah. Buat saya ini bukan titik akhir tapi justru ini permulaan karena di titik ini saya masih merasa belum punya apa-apa. Masih masih banyak yang ingin dipelajari, ingin dicoba. Jadi harapannya meskipun sudah dapat gelar doktor ini saya akan tetap terus belajar untuk bisa menjadi lebih baik lagi,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini