Sukses

4 Rekomendasi Tempat Menikmati Kuliner Legendaris Khas Surabaya

Berikut beberapa rekomendasi tempat makan yang menyajikan menu legendaris khas Surabaya

Liputan6.com, Surabaya - Saat jalan-jalan ke Surabaya, kurang lengkap rasanya jika melewatkan sajian-sajian khasnya. Banyak kuliner legendaris khas Surabaya yang menawarkan rasa asli yang sulit ditemukan di daerah lain.

Kota Surabaya juga memiliki berbagai tempat makan pilihan yang bisa dikunjungi untuk sekadar mencicipi sajian khas Kota Pahlawan. Mengutip dari tourism.surabaya.go.id, berikut beberapa rekomendasi tempat makan yang menyajikan kuliner legendaris Surabaya: 

1. Rujak Cingur Ahmad Jais

Rujak Cingur Ahmad Jais berlokasi di Jalan Achmad Jais No.40, Peneleh, Genteng, Surabaya. Meski banyak penjual rujak cingur di Sirabaya, tetapi warung ini merupakan salah satu yang cukup fenomenal.

Tempat ini menawarkan rujak cingur yang berisi tahu goreng, tempe goreng, kecambah atau taoge, kangkung, buah-buahan lokal musiman, serta siraman bumbu kacang. Pengunjung juga bisa memilih level pedas sesuai selera.

2. Lontong Balap Rajawali

Lontong Balap Rajawali berlokasi di Jalan Krembangan Timur No.32c, Surabaya. Lontong balap disajikan dengan petis dan irisan lontong yang disiram dengan sayur taoge.

Kuah tersebut memiliki cita rasa gurih. Selain petis dan lontong, kuliner Surabaya ini juga dihidangkan bersama irisan tahu, lentho, sate kerang, dan taburan bawang goreng.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rawon Setan Embong Malang

3. Rawon Setan Embong Malang

Salah satu tempat yang bisa dikunjungi untuk menikmati rawon setan adalah Rawon Setan Embong Malang. Warung ini berlokasi di Jalan Embong Malang No.78, Genteng, Surabaya.

Konon, nama rawon setan diberikan karena dahulu sajian ini hanya dijual pada malam hari. Namun, kini rawon setan bisa dinikmati kapan saja.

Semangkuk rawon setan memiliki kuah pekat dan gurih. Sajian ini memiliki cita rasa khas yang berasal dari perpaduan kluwek, daging, serta bumbu-bumbu lainnya. 

4. Semanggi Dempo

Semanggi Dempo berlokasi di Jalan Dempo No.19, Petemon, Sawahan, Surabaya. Warung ini menjual sajian khas Surabaya pecel semanggi dan beberapa menu lainnya.

Bumbu pecel semanggi dibuat dari ubi jalar. Dahulu, penjual pecel semanggi berjualan dengan cara berkeliling. Namun, kini sudah banyak warung yang menyajikan berbagai menu legendaris Surabaya, termasuk pecel semanggi.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini