Sukses

Musim Panas, Nikmati Es Brenebon Khas Sulawesi Penggugah Dahaga

Meski begitu, minuman khas Sulawesi satu ini, tidak memiliki sejarah yang pasti. Namun, pada dasarnya minuman ini adalah sejenis es berbahan baku kacang merah yang muncul pada zaman modern.

Liputan6.com, Gorontalo - Sebagai salah satu daerah terpanas di Indonesia, masyarakat Provinsi Gorontalo kerap menciptakan minuman khas yang menyegarkan. Salah satunya ialah Es Brenebon yang kini menjadi favorit saat musim panas.

Meski begitu, minuman khas Sulawesi satu ini, tidak memiliki sejarah yang pasti. Namun, pada dasarnya minuman ini adalah sejenis es berbahan baku kacang merah yang muncul di zaman modern.

Tak hanya cita rasa yang nikmat, es ini mampu menghapus dahaga di siang hari atau saat berbuka puasa sunah. Minuman es yang terbuat dari kacang merah ini, tentu memiliki manfaat yang menyehatkan tubuh.

Selain itu, karena bahan utamanya menggunakan kacang merah rebus atau brenebon. Saat menyantapnya, akan terasa cita rasa yang manis dan segar di lidah.

"Saat ini, es brenebon banyak ditemukan di Gorontalo, mulai dari emperan jalan hingga di rumah-rumah makan," kata Yusuf Amatila warga Gorontalo.

Menurut Yusuf, kebanyakan olahan minuman yang satu ini, muncul saat musim panas. Apalagi suhu panas di Gorontalo memang tidak ada tandingannya.

"Pasti orang-orang cari yang segar-segar. Nah, salah satunya ialah es brenebon yang menjadi andalan mereka," katanya.

Tidak hanya orang Gorontalo, kata Yusuf, penikmat es brenebon juga banyak dari luar daerah. Terlebih jika mereka melancong ke Gorontalo saat musim panas, pasti mereka mencari minuman ini.

"Mulai dari masyarakat dari luar daerah hingga WNA yang berwisata di Gorontalo menyukai olahan es brenebon ini," imbuhnya.

Ditinjau dari segi kesehatan, es brenebon ini memiliki khasiat yang terkandung pada kacang merah. Kacang merah tersebut mengandung Vitamin B, Fosfor, kalsium, protein, dan zat besi.

Es brenebon kacang merah juga sebagai pilihan camilan sehat bagi penderita diabetes. Tingginya kandungan serat dalam kacang merah bisa membuat pengidap diabetes mudah kenyang.

Akan tetapi, bagi beberapa orang, kacang merah dapat menimbulkan efek tidak menyenangkan. Efek tidak menyenangkan tersebut dapat berupa perut kembung hingga diare, itulah mengapa jika kacang merah harus direbus lama.

Kalau Anda berkunjung ke Gorontalo cobalah untuk mencari dan mencicipi jajanan ini. Untuk merasakan kesegarannya bisa juga membuatnya sendiri di rumah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembuatan Es Brenebon

Pertama, rebus dahulu kacang merah yang sudah direndam semalaman sampai matang lunak dan empuk. Setelah dirasa sudah matang, angkat lalu tiriskan.

Kacang merah direndam bertujuan untuk menghilangkan selaput luar yang mengandung zat yang akan mengganggu pencernaan. Selain itu juga, agar tekstur kacang merah tidak begitu keras.

Selanjutnya, siapkan air untuk membuat sirup. Rebus air, gula pasir, gula merah dan dua lembar daun pandan. Tambahkan garam secukupnya dan vanili. Masak hingga mengental.

Siapkan gelas saji, masukkan es serut, kacang merah dan sedikit potongan buah alpukat. Siram dengan sirup yang sudah dimasak. Tuangkan susu kental manis coklat ss brenebon Gorontalo siap dinikmati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini