Sukses

Ini Istilah-istilah Umum dalam Sepak Bola yang Perlu Diketahui

ketika mendengar kata sepak bola pasti sering mendengar istilah-istilah ini, apa saja?

Liputan6.com, Solo - Sepak bola adalah olah raga paling digemari masyarakat di seluruh dunia. Meski begitu, terdapat berbagai istilah-istilah dalam sepak bola yang sering didengar, namun banyak yang belum mengetahui apa arti dari istilah tersebut.

Bahkan di Indonesia olah raga ini nyaris selalu dibanjiri penonton ketika ada laga pertandingan entah itu sepak bola Timnas Indonesia atau klub-klub lokal Tanah Air. 

Bagi sebagian orang istilah dalam sepak bola sering didengar namun belum mengetahui secara detail arti dari istilah itu. Liputan6.com merangkai kata-kata yang sering diucapkan atau didengar dari komentator atau pembawa acara dalam pertandingan sepak bola.

10 istilah umum dalam sepak bola: 

1. Kick Off

Kick off adalah sebuah tendangan dalam memulai sebuah pertandingan sepak bola. Tendangan ini biasanya dilakukan pada awal pertandingan sepak bola babak pertama dan juga babak kedua. 

2. Free Kick

Free kick atau tendangan bebas, terjadi saat ada pelanggaran dari pemain lawan di luar kotak penalti. Tendangan bebas ini dilakukan bebas tanpa adanya pemain lawan di area akan dilakukan tendangan bebas. Tetapi, pemain lawan diizinkan membuat barisan berjarak 10 meter dari titik pelanggaran terjadi.

3. Corner Kick

Corner kick atau tendangan sudut atau disebut juga dengan sepak pojok dilakukan ketika lawan secara sengaja atau tidak mengeluarkan bola ke arah belakang gawangnya sendiri. Tendangan sudut dilakukan dari pojok lapangan dan bisa dieksekusi setelah ada peluit wasit berbunyi. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Istilah

4. Offside

Istilah ini digunakan ketika terjadi seorang pemain membawa bola dari rekannya dengan posisi si pemain tersebut sudah mendahului pemain belakang dari tim lawan. Sehingga hal pemain tersebut terkena jebakan offside.

5. Penalti

Penalti istilah dalam sepak bola ketika pemain lawan dengan sengaja melakukan pelanggaran berbahaya di area kotak 16 area, dan wasit akan memberikan penalti untuk tim yang dilanggar tersebut.

Penalti dilakukan dengan posisi pemain bola dan penjaga gawang sejajar, tendangan penalti berjarak 11 meter ke arah gawang. Tidak ada gangguan pemain lawan penendang hanya akan berhadapan langsung dengan penjaga gawang. Penalti juga bisa dilakukan ketika waktu habis, namun posisi skor masih imbang masing-masing tim diberi kesempatan menendang penalti untuk menentukan pemenang. 

6. Own Goal

Own goal atau gol bunuh diri adalah istilah di mana seorang pemain tidak sengaja melakukan gol ke dalam gawangnya sendiri, dan hal itu justru menambah poin untuk tim lawan.

7. Hattrick

Sebutan hattrick biasanya digunakan ketika dalam satu pertandingan terdapat satu pemain yang berhasil mencetak gol sebanyak tiga kali.

8. Clean Sheet 

Istilah ini biasanya akan dipakai ketika dalam suatu pertandingan, gawang tim yang bertanding tidak mengalami kebobolan.

9. Yellow dan Red Card

Istilah yellow dan red card dipakai ketika terjadi pelanggaran berbahaya dan wasit mengeluarkan kartu tersebut sebagai peringatan seberapa besar pelanggaran yang sudah dilakukan oleh pemain. Kartu kuning adalah istilah untuk pelanggaran yang masih bisa ditoleransi, tetapi ketika wasit mengeluarkan red card/kartu merah menandakan pelanggaran yang dilakukan sudah sangat berbahaya dan pemain harus keluar lapangan.

10. Tekel

Tekel atau tackling adalah terjadinya perampasan bola, hal itu adalaj teknik dasar sepak bola yang perlu dikuasai oleh seorang pemain bola atau atlet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.