Sukses

6 Gaya Rafael Struick di Luar Lapangan, Pemain Belanda yang Kini Bela Timnas Indonesia U-23

Rafael Struick menjadi amunisi baru untuk Timnas sepak bola Indonesia dalam duel perebutan juara 3 Piala Asia U-23 2024 pada Kamis, (2/5/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Rafael William Struick atau yang akrab disapa Rafael Struick sedang jadi sorotan karena akan memperkuat amunisi Timnas Indonesia dalam duel perebutan juara 3 Piala Asia U-23 2024 pada Kamis, (2/5/2024). Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae Yong kembali menggunakan jasa pemain muda andalannya itu, yang sempat absen dalam partai semi final kontra Uzbekistan karena terkena akumulasi kartu kuning. 

Mengutip dari Tim Bola Liputan6.com, Struick merupakan sosok penting di balik keberhasilan Garuda Muda melaju hingga empat besar Piala Asia U-23 2024. Penggawa ADO Den Haag itu tampil tajam saat menyumbang 2 gol saat Timnas Indonesia U-23 menghajar Korea Selatan di perempat final.

Lahir pada 27 Maret 2003 di Leidschendam, Belanda, sejak 22 Mei 2023, Struick telah resmi memegang kewarganegaraan Indonesia. Diketahui ia memiliki keturunan Indonesia dari orangtuanya. Ayahnya, Brian Struick, adalah warga Belanda dengan keturunan Indonesia, sementara ibunya, Soraya Noraly Soedito, merupakan warga Belanda yang memiliki keturunan dari Suriname dan Jawa.

Bukan hanya latar belakang keluarga dan perannya di Timnas Indonesia U-23 yang disorot. Publik juga tentu penasaran dengan bagaimana kesehariannya yang kalah menarik. Berikut beberapa gaya Rafael di luar lapangan sepak bola yang dirangkum dari akun Instagram pribadinya

1. Jaket Hoodie

Gaya pertama Struick yang tampak jadi andalannya adalah penggunaan jaket hoodie di segala kesempatan. Terlihat beberapa kali ia mengenakannya dalam warna hitam, bahkan salah satunya bertuliskan Indonesia di bagian depannya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Sweater Berkancing

Struick yang diketahui menjalani pendidikan sepak bola di Akademi Forum Sport dan pindah ke RKAVV Leidschendam ini juga suka memakai sweater jenis lainnya. Dalam unggahan pada 9 Maret 2024, atasan sweater berbulu dengan nada cetakan garis biru dan putih itu menutupi kaus putihnya.

Tampilan yang lain dari biasa itu dipadankan bersama Goyard Belvedere PM Bag yang menurut situs What's on The Star tas itu seharga 3.500 dolar AS atau setara Rp56 juta. Pria 21 tahun itu memakainya dengan disilangkan atau menyamping sebagai sling bag.

3. Serba Putih

Salah stau prestasi Struick yang diingat publik saat tampil bersama Timnas Indonesia U-20 dan berhasil mencetak gol dalam pertandingan melawan Slowakia U-20. Selain itu, ia juga dipanggil untuk bergabung dengan tim senior dalam pertandingan persahabatan melawan Palestina dan Argentina.

Di berbagai kesempatan, Struick juga kerap tampil dengan kaus putih sebagai outfit favoritnya yang dipadankan dengan celana pendek kasual. Ia memakainya berkali-kali, beberapa terlihat saat ke mal dan berkeliling Jakarta, serta menyambangi sebuah museum.  

 

3 dari 4 halaman

4. Down Puffer Jacket

Di gaya berikutnya Struik tampil dengan gaya kasualnya bersama down puffer jacket warna hijau. Tampak menghalau dinginnya cuaca, jaket tersebut dipadukan dengan kaus putih andalannya.

Gaya itu ia padukan dengan celana hitam berpipa dan sneakers. Untuk diketahui, Rafael pernah membuat debutnya bersama tim senior yang terjadi pada 14 Juni 2023. Saat itu, Struick ikut serta dalam pertandingan melawan Palestina yang berakhir dengan skor imbang 0-0.

Market value Rafael Struick saat ini masih menjadi yang terendah di dalam skuad Timnas Indonesia, tidak hanya di antara pemain naturalisasi. Nilai pasarannya hanya sebesar 75 ribu euro (kisaran Rp1,3 miliar). 

Struick sempat terkena dua kartu kuning beruntun, yaitu ketika melawan Yordania dan Taeguk Warriors muda. Alhasil dia terpaksa melewatkan satu pertandingan dan baru bisa kembali ketika Garuda Muda memperebutkan predikat juara 3 AFC Asian Cup U-23 dengan Irak.

 "Dia (Rafael Struick) sudah bermain dengan sangat baik sejak awal kompetisi, dia tampil baik mulai dari fase grup dan jelas dia adalah salah satu pemain kunci kami," kata Shin Tae Yong jelang laga melawan Irak. 

4 dari 4 halaman

5. Kaus Warna Mencolok

Tak selalu hitam, Struick pernah terlihat mencolok dengan warna merah hati atau lebih tepatnya pink fuchsia. Saat itu, ia tengah jalan-jalan ke Creta, di Yunani. Dengan gaya santainya bercelana pendek, ia juga memakai topi hitamnya dan kaca mata untuk menghalau teriknya sinar matahari. 

Sebagai informasi, di samping kembalinya Rafael Struick, pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae Yong (STY) juga sudah mengantongi satu hal yang diyakini bakal jadi kunci keberhasilan timnya saat melawan Irak. Juru taktik asal Korea Selatan menilai kecepatan pemulihan pemain serta kesiapan mental menjadi faktor penting yang bisa memenangkan anak-anak asuhnya dalam duel perebutan juara 3 Piala Asia U-23 malam nanti.

"Sebenarnya, skuad kami menghadapi beberapa kesulitan dalam hal kebugaran pemain (karena sudah terkuras saat lawan Uzbekistan). Jadi kami saat ini sedang fokus recovery," jawab STY soal kondisi Timnas Indonesia U-23.

6. Sweater Beresleting

Terakhir dari semua gayanya yang tampak menjadi identitasnya adalah pemakaian sweater beresleting. Kadang kala jenis sweater ini juga memiliki hoodie.

Selain itu tetap menjadi gaya favoritnya, Struick memakai kaus putih di dalamnya. Dengan beberapa gaya tadi, dapat disimpulkan bahwa karakter pemain sepak bola muda ini gayanya cenderung santai di segala kesempatan. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.