Sukses

Aksi Tolak Tambak Udang Karimunjawa Warnai Laga Derby Muria

Unjuk rasa tolak tambak udang Karimunjawa warnai laga uji coba antara Persijap Jepara-Persipa Pati, di Stadion Wijaya Kusuma Pati.

Liputan6.com, Pati - Upaya penolakan kehadiran tambak udang di Pulau Karimunjawa, Kabupaten Jepara tidak hanya dilakukan melalui aksi unjuk rasa saja. Aksi tersebut salahsatunya melalui pembentangan dua spanduk, saat laga uji coba antara Persijap Jepara-Persipa Pati, di Stadion Wijaya Kusuma Pati, Sabtu (16/7/2023).

Dua spanduk raksasa berukuran 1,5 X 25 meter itu bertuliskan “SaveKarimunjawa dan Tambak Udang Merusak Alam”. Keberadaan dua  spanduk ini dipasang di pagar tribune stadion kebanggaan masyarakat Pati, yang telah disiapkan oleh ribuan suporter Persijap.

Tidak hanya pembentangan spanduk penolakan, sebanyak tiga ribu suporter asal Kabupaten Jepara ini, juga bersemangat menyanyikan lagu perjuangan Buruh Tani. Lagu pembakar semangat disuarakan keras oleh para penonton yang berada tribun kiri stadion Wijaya Kusuma Pati.

“Ini bentuk keprihatinan dan dukungan kami terhadap perjuangan rekan- rekan aktivis lingkungan hidup Karimunjawa. Juga bentuk penolakan kami terhadap perusakan alam Karimunjawa oleh tambak udang dan juga perusakan sumber daya alam yang lain,” ujar pengurus Komunitas Ultras Persijap Curva Nord yang tak mau disebut namanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelestarian Karimunjawa

Komunitas Ultras Persijap Curva Nord berharap para pemangku kepentingan bertindak tegas dan tidak saling menunggu. Langkah pengeprasan bukit-bukit dan eksploitasi berlebihan terhadap alam dengan alasan kepentingan pariwisata, segera harus dihentikan.

“Sebab akan kontraproduktif dengan upaya pelestarian lingkungan hidup Karimunjawa ,” tegasnya.

Sementara itu, dalam pertandingan derby antara Persijap Jepara dengan Persipa Pati, tim tuan rumah melibas lawannya dengan skor 2-0 di Stadion Wijaya Kusuma Pati. Dalam pertandingan sebelumnya, Persijap menang telak 4-1 saat laga kandang di Stadion Gelora Bumi Kartini Jepara, Sabtu 8 Juli 2023. (Arief Pramono)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini