Sukses

Motivator Mario Teguh Dilaporkan ke Polisi, Berikut Kronologinya

Motivator ternama Indonesia Mario Teguh saat ini dilaporkan ke polisi atas dugaan penggelapan dana sekitar Rp5 miliar.

Liputan6.com, Bandung - Motivator Mario Teguh baru-baru ini dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan kasus penggelapan dana sebesar Rp5 miliar. Laporan tersebut telah tercatat dengan nomor LP/3505/VI/2023/SPKT/POLDA METRO JAYA/tanggal 19 Juni 2023.

Kuasa hukum pelapor Djamaludin Kadeboen menyampaikan laporan tersebut saat ini tengah didalami oleh pihak Polda Metro Jaya. Disebutkan, Mario teguh diduga melanggar Pasal 378 KUHP tentang Penipuan dan Pasal 372 KUHP tentang Penggelapan.

"Memang kami di bulan lalu tanggal 19 Juni 2023 sudah membuat LP (laporan polisi) terhadap seseorang yang berinisial MT, LP-nya dengan nomor 3505 saat ini tengah didalami oleh rekan-rekan di Polda Metro Jaya," ujarnya, Kamis (14/7/2023).

Melalui laporan tersebut, pelapor dikabarkan telah mengeluarkan uang untuk mengontrak Mario Teguh untuk mempromosikan produk skincare. Namun, diduga sang motivator tidak menepati janjinya dan merugi hingga Rp5 miliar.

"Ada janji yang bersangkutan untuk ingin meng-up skincare atau bisnis dari klien kami dan itu tidak dilakukan. Sehingga klien kami mengalami kerugian yang cukup besar sekitar Rp5 miliar," kata Djamaludin.

Dalam laporan tersebut, Djamaludin menyebut kliennya juga melaporkan istri Mario Teguh, Linna Susanto. Dengan alasan diduga terlibat dalam kasus dugaan penipuan dan penggelapan dana yang dilayangkan ke polisi.

"Beliau selaku BA sekaligus juga istrinya jadi ada dua yang bersangkutan. Ada perjanjian sebelumnya bahwa yang bersangkutan menjanjikan dan mengiming-imingi dengan menggunakan jasa beliau," ujarnya.

"Itu klien kami bisa naik dalam beberapa bulan dan klien kami berkewajiban untuk memberikan uang kepada yang bersangkutan dan sudah diberikan. Namun, faktanya tidak berjalan sebagaimana dijanjikan," kata Djamaluddin menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siapa Mario Teguh?

Mario Teguh atau Sis Maryono Teguh merupakan seorang motivator terkenal asal Indonesia yang lahir pada 5 Maret 1956 di Makassar. Ia adalah anak dari pasangan Gozali Teguh dan Siti Maria.

Mario Teguh pertama kali terkenal sebagai motivator karena penampilannya dalam acara di salah satu televisi swasta. Ia pun dikenal sebagai sosok yang sering memberikan kata-kata bijak dan motivasi kepada masyarakat.

Selain menjadi motivator, Mario Teguh diketahui pernah menjadi seorang pengusaha, konsultan, hingga penulis. Ia menempuh berbagai pendidikan baik di Indonesia dan luar negeri.

Mario Teguh pernah menempuh pendidikan jurusan arsitektur setingkat SMA di New Trier West High di Chicago, Amerika Serikat. Kemudian ia menempuh pendidikan S1 di Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Malang dengan mengambil jurusan Linguistik dan Pendidikan Bahasa Inggris.

Ia juga melanjutkan pendidikan jurusan International Business di Sophia University Tokyo, Jepang. Setelah itu, ia mengambil jurusan Operations System di Indiana University Amerika Serikat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini