Sukses

Berikut Amalan Sunah Setelah Pulang Ibadah Haji

Naik haji merupakan salah satu rukun Islam yang diidam-idamkan bisa dilakukan setiap Muslim.

Liputan6.com, Jakarta - Naik haji merupakan salah satu rukun Islam yang diidam-idamkan bisa dilakukan setiap Muslim. Namun, di samping itu, dalam menjalankan rukun Islam kelima ini perlu berbagai persiapan.

Tak hanya persiapan fisik, mental dan keuangan, namun juga kesiapan spiritual dalam menjalankan kewajiban, makna dan sunah mulai dari keberangkatan hingga kepulangan ibadah haji.

Bagi Anda yang baru saja pulang dari ibadah haji, berikut sejumlah ibadah sunah setelah pulang haji yang dirangkum dari berbagai sumber:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Salat Sunah Dua Rakaat di Masjid Terdekat

Salah satu sunah yang bisa dijalankan setelah pulang dari tanah suci Makkah adalah dengan menjalankan salat sunah dua rakaat di masjid yang berada di dekat rumah. Hal tersebut tertuang dalam salah satu hadis yang berbunyi sebagai berikut.

Artinya: ”Dulu kami bersama Nabi shallallahu'alaihi wasallam dalam suatu safar. Tatkala kami tiba di Madinah, Rasulullah berkata kepadaku, "Masuklah masjid kemudian salatlah dua rakaat.” (HR Bukhari).

3 dari 5 halaman

Memberi Kabar Setelah Dekat Kampung Halaman

Jemaah haji juga disunahkan untuk mengutus seseorang untuk memberi kabar kepada keluarga (istri) setelah dekat dengan kampung halaman. Menurut Wahbah az-Zuhaili, hal ini dilakukan agar keluarga di rumah tidak terkejut dengan kedatangannya yang tiba-tiba.

4 dari 5 halaman

Mengucapkan Doa Apabila Melihat Perbatasan Kampung Halaman

Apabila telah melihat perbatasan kampung halamannya, dianjurkan untuk mengucapkan doa berikut:

باسْمِ اللَّهِ اللَّهُمَّ إنِّي أسألُكَ خَيْرَها وَخَيْرَ أهلها وَخَيْرَ ما فِيها وأعُوذُ بِكَ مِنْ شَرّها وَشَرّ أهلها وَشَرّ مَا فِيهَا

Bismillâh allâhumma innî as-aluka khaira hâdzihi-s-sûqi wa khaira mâ fîhâ wa a'ûdzubika min syarrihâ wa syarri mâ fîhâ. Allâhumma innî a'ûdzubika an ushîba fîhâ yamînan fâjiratan au shafqatan khâsiratan

Artinya: "Ya Allah, aku memohon Engkau memberiku kebaikan negeri ini, kebaikan penduduknya, dan kebaikan apa saja yang ada di dalamnya; dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan negeri ini, kejahatan penduduknya, serta kejahatan apa pun yang ada di dalamnya."

Sementara itu, sebagian ulama menganjurkan untuk membaca doa yang diriwayatkan oleh Ibnus Sunni sebagaimana ditulis Imam an-Nawawi dalam Kitab al-Adzkaar. Berikut artinya:

"Ya Allah, berilah kami kedamaian dan rezeki yang baik di kampung ini. Ya Allah, berilah kami rezeki yang lapang di sini, lindungilah kami dari wabah penyakit di sini, jadikanlah kami dicintai oleh penduduknya, dan buatlah penduduknya yang saleh dicintai oleh kami."

Selain itu, para kerabat maupun tetangga yang datang menyambut orang yang telah pulang dari haji juga dianjurkan untuk membaca doa berikut ini.

قَبَّلَ اللهُ حَجَّكَ، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَأَخْلَفَ نَفَقَتَكَ

Artinya: Semoga Allah menerima ibadah hajimu, mengampuni dosamu, dan mengganti pengeluaranmu.

 

 

5 dari 5 halaman

Menjadi Pribadi yang Lebih Baik dari Sebelumnya

Sunah selanjutnya yang bisa dilakukan setelah menunaikan ibadah haji adalah membentuk pribadi diri yang lebih baik dibandingkan sebelum berangkat menunaikan ibadah haji. Hal ini kemudian menjadi indikator terkait diterima atau tidaknya ibadah haji seseorang dihadapan Allah SWT.

Itulah sekilas beberapa sunnah yang bisa dijalankan para jamaah haji setelah selesai menunaikan ibadah hajinya di Tanah Suci Makkah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini