Sukses

Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia pada 3 Juli, Begini Cara Memilih Tas Belanja Ramah Lingkungan

Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia bertujuan untuk menghilangkan penggunaan plastik sekali pakai. Simak tips dalam memilih tas belanja yang ramah lingkungan berikut.

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini, Senin (3/7/2023) bertepatan dengan peringatan Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia atau International Plastic Bag Free Day. Peringatan ini untuk meningkatkan kesadaran tentang dampak bahaya plastik terhadap lingkungan dan kesehatan laut serta menyerukan tindakan kolektif untuk mengendalikan penggunaan plastik dan menyelamatkan planet ini.

Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia bertujuan untuk menghilangkan penggunaan plastik sekali pakai dan mendorong orang untuk mengganti kantong plastik sekali pakai dengan alternatif yang berkelanjutan seperti tas goni atau kapas.

Kantong plastik merupakan penyumbang polusi yang signifikan, terutama di lingkungan laut, dan merupakan ancaman serius bagi satwa liar.

Berdasarkan keterangan di laman Nationaltoday, diperlukan waktu hingga 500 tahun untuk kantong plastik terurai, jadi mereka membuat sebagian besar dari apa yang tersisa di tempat pembuangan sampah kita dan mencemari saluran air kita.

Hari Bebas Kantong Plastik Internasional diciptakan oleh Bag Free World, sebuah gerakan global yang bertujuan untuk mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai. Kampanye ini diluncurkan pada 2008 oleh sekelompok organisasi dan individu yang peduli terhadap dampak lingkungan dari kantong plastik.

Untuk merayakan Hari Bebas Kantong Plastik Internasional, orang-orang di seluruh dunia mengambil tindakan untuk meningkatkan kesadaran akan dampak dan bahaya lingkungan dari kantong plastik sekali pakai dan mempromosikan solusi yang lebih berkelanjutan.

Selain itu, kita juga dapat membagikan ucapan atau twibbon Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia di media sosial untuk meningkatkan kesadaran dan mendorong orang lain untuk mengurangi penggunaan kantong plastik.

Selamat Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Memilih Tas Belanja yang Ramah Lingkungan

Tas belanja yang ramah lingkungan dapat membantu mengurangi penggunaan kantong plastik yang berbahaya bagi lingkungan. Berikut adalah beberapa tips dalam memilih tas belanja yang ramah lingkungan:

1. Pilihlah tas belanja yang terbuat dari bahan yang ramah lingkungan seperti cotton, polypropylene, kanvas, kertas, rami, bambu, atau karung goni. Beberapa bahan tersebut tahan air dan kuat sehingga dapat digunakan untuk waktu yang lama.

2. Pilihlah tas belanja yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tas yang terlalu besar atau terlalu kecil mungkin tidak nyaman digunakan saat berbelanja.

3. Pastikan tas belanja yang Anda pilih memiliki kualitas yang baik dan tahan lama. Tas yang berkualitas buruk mungkin tidak dapat digunakan untuk waktu yang lama dan harus sering diganti.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. Pilihlah tas belanja yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti untuk belanja, bepergian, atau kegiatan sehari-hari.

5. Pilihlah tas belanja yang memiliki desain yang menarik dan sesuai dengan selera Anda. Tas yang menarik dapat membuat Anda lebih semangat dalam menggunakan tas belanja yang ramah lingkungan.

6. Pilihlah tas belanja yang sesuai dengan budget Anda. Tas belanja yang ramah lingkungan dapat ditemukan dengan harga yang bervariasi, mulai dari yang murah hingga yang mahal.

Dengan memilih tas belanja yang ramah lingkungan, Anda dapat membantu mengurangi penggunaan kantong plastik yang berbahaya bagi lingkungan. Selain itu, Anda juga dapat memilih untuk membuat tas belanja sendiri dengan bahan-bahan yang ramah lingkungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini