Sukses

Kalah dari Persebaya di Kandang, Pelatih Persis Solo Bilang Begini

Persis langsung menekan pertahanan Persebaya pada babak kedua. Sebaliknya, Persebaya dengan mengandalkan serangan balik cepat yang sering merepotkan tim tuan rumah

Liputan6.com, Solo - Tim tuan rumah Persis belum bisa memenuhi ambisinya mendapat poin penuh setelah dikalahkan Persebaya Surabaya dengan skor 2-3, dalam pertandingan perdana kompetisi Liga 1 musim 2023/2024 yang digelar di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Sabtu malam.

Kedua kesebelasan pada babak pertama bermain cukup hati-hati dan tampil menarik, karena baik tim tuan rumah maupun tim tamu ingin menampilkan yang terbaik bisa mencetak gol ke gawang lawan untuk meraih tiga poin penuh.

Persis tertinggal lebih dahulu melalui penalti yang dilakukan oleh Brono Moreira pada menit 29, setelah kiper Persis Gianluca Claudio melakukan pelanggaran terhadap pemain Persebaya sehingga mengubah kedudukan menjadi 0-1 untuk Persebaya.

Persis Solo yang ketinggalan satu gol atas Persebaya langsung meningkatkan tempo permainan menekan ke pertahanan lawan agar bisa menyamakan kedudukan.

Persis mendapat satu-satunya peluang emas yang terjadi pada menit 43 melaljui tendangan keras Jaimerson Xavier. Sayangnya tendangan dari luar kotak penalti itu diblok kiper Persebaya, Ernando, sehingga gagal menjadi gol. Keunggulan bagi Persebaya bertahan hingga babak pertama usai.

Persis langsung menekan pertahanan Persebaya pada babak kedua. Sebaliknya, Persebaya dengan mengandalkan serangan balik cepat yang sering merepotkan tim tuan rumah.

Persis mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-60 melalui tendangan keras Moussa Sidibe, setelah memanfaatkan umpan tarik dari Alexis Messidoro sehingga kedudukan imbang.

Persis kembali menambah gol di menit 62 melalui tendangan keras Ramadhan Sananta, setelah mendapatkan umpan dari belakang Alexis Messidoro. Kedudukan sementara unggul 2-1 untuk tuan rumah.

Tak lama berselang, Persebaya menyamakan kedudukan pada menit 63 melalui tendangan Bruno Moreira. Ia lolos dari hadangan lini bertahan Persis dan hanya berhadapan dengan kiper Gianluca, sehingga kedudukan menjadi imbang 2-2.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Evaluasi untuk Pertandingan Berikut

Persis kembali kebobolan dari Persebaya pada menit ke-83 melalui gol bunuh diri Faqih Maulana. Usahanya menahan bola tendangan dari pemain Persebaya Bruno Moreira justru tak sesuai harapan, sehingga kedudukan menjadi 2-3 untuk tim tamu Persebaya.

Kedudukan 2-3 untuk tim tamu tersebut bertahan hingga wasit Zetman Pangaribuan meniup peluit panjang tanda babak kedua usai. Wasit juga mengeluarkan lima kartu kuning untuk Zevalente, Sho Yamamoto (Persebaya), Gianluca Claudio, Diego Bardanca, dan Althaf Indie Alrizky (Persis).

Pelatih Persis Solo Leonardo Medina meminta maaf kepada suporter dan manajemen karena Persis belum beruntung dengan kekalahan dari Persebaya.

Namun ia memastikan pemain sudah bekerja keras menampilkan permainan terbaik hingga akhir pertandingan. Persis sempat unggul 2-1 tetapi hasil akhir kalah atas Persebaya.

"Pemain Persis sudah bekerja keras hingga akhir pertandingan, tetapi hasilnya memang belum memuaskan pendukungan. Hal ini menjadi evaluasi ke pertandingan selanjutnya," katanya,

Sementara itu, Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso bersyukur dengan hasil hari ini. Pertandingan perdana pasti agak berat karena semua pemain masih beradaptasi dengan kompetisi yang sebenarnya.

"Kemenangan ini menjadi menjadi modal tim bermain percaya diri ke depannya," kata Aji.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.