Sukses

Sate Bumbon, Olahan Kaya Bumbu Khas Kabupaten Kendal

Sate bumbon merupakan olahan daging sapi yang kaya rasa karena dimasak dengan berbagai macam rempah.

Liputan6.com, Kendal - Satai memang menjadi kuliner nusantara yang tersebar di seluruh Indonesia. Beberapa daerah juga memiliki jenis satainya tersendiri, salah satunya satai bumbon yang ada di Kabupaten Kendal.

Satai bumbon merupakan olahan daging sapi yang kaya rasa karena dimasak dengan berbagai macam rempah. Sajian ini juga sangat mudah ditemukan di Kendal karena penjual satai bumbon telah tersebar di berbagai wilayah di Kabupaten Kendal.

Nama sate bumbon diambil dari bahasa jawa 'bumbon' yang berarti bumbu. Sesuai namanya, sajian ini memang kaya bumbu rempah.

Untuk membuat sate bumbon, dibutuhkan aneka bumbu, seperti bawang, jahe, kemiri, dan beberapa bumbu lainnya. Bumbu-bumbu tersebut dihaluskan untuk kemudian dijadikan lumuran atau bumbu marinasi daging sapi.

Dibutuhkan sekitar 30 menit agar bumbu meresap sempurna ke daging. Proses inilah yang menjadi kelezatan sate bumbon.

Selanjutnya, satai diolah dengan cara dibakar. Sate tersebut dibakar bersama dengan aneka bumbu rempah yang menyelimuti seluruh bagian daging.

Seperti sate pada umumnya, sate bumbon juga disajikan dengan saus bumbu kacang. Selain itu, juga diberi tambahan berupa potongan bawang, cabai, dan tomat.

Salah satu warung sate bumbon legendaris yang bisa dijadikan tempat mencicipi sajian ini adalah Sate Bumbon Pak Darmaji. Warung ini berada di kawasan pasar tradisional Weleri, Kecamatan Penyangkringan.

Warung satai ini sudah ada sejak 1971 dan menjadi pelopor kepopuleran sate bumbon dari Weleri. Selain lezat, sajian daging sate di warung ini juga terkenal empuk dan lembut.

Hingga saat ini, sajian satai bumbon masih menjadi favorit masyarakat setempat maupun wisatawan. Meski secara tampilan tak berbeda dengan sate pada umumnya, tetapi kuliner Kendal ini memiliki kekayaan rasa yang mampu membuat siapa saja ketagihan.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini