Sukses

Pesawat Semuwa Air Ditemukan Jatuh dengan Bagian Depan Hancur, Bagaimana Nasib Penumpang?

Pesawat Semuwa Air dengan nomor penerbangan PK SMW akhirnya ditemukan Tim SAR, dalam keadaan bagian depan hancur.

 

Liputan6.com, Jayapura - Usai dikabarkan kontak hilang, pesawat Semuwa Air dengan nomor penerbangan PK SMW akhirnya ditemukan Tim SAR, dalam keadaan bagian depan hancur.

Kadisops Basarnas Jayapura Marinus Ohoirat, Jumat (23/6/2023), menjelaskan lokasi pesawat itu ditemukan pesawat helikopter milik PT Intan Angkasa yang terbang dari Wamena sekitar pukul 15.30 WIT.

Lokasi pesawat jatuh berada di tengah hutan belantara antara Elelim-Poik dan saat ditemukan masih terlihat asap keluar dari badan pesawat .

Helikopter tersebut menemukan lokasi sekitar pukul 16.08 WIT dan secara virtual dilaporkan bagian depan hancur sedangkan bagian belakang sampai ke tengah masih utuh.

"Untuk kondisi penumpang belum diketahui, " kata Marinus Ohoirat.

Diakui, sebelumnya pesawat Susi Air juga sempat melakukan pencarian dengan terbang dari Wamena-Elelim.

Namun pencarian pertama tidak menemukan keberadaan pesawat tersebut, kata Marinus Ohoirat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hilang Kontak

Sebelumnya Komandan Lanud Silas Papare Marsma TNI M. Dadan Gunawan mengakui adanya laporan tentang hilang kontaknya pesawat milik Semuwa Air dengan kode penerbangan PK SMW.

"Memang benar ada laporan pesawat PK-SMW jenis Grand Caravan C208B hilang kontak dalam penerbangan dari Elelim menuju Poik, Kabupaten Yalimo, Papua Pegunungan," katanya.

Pesawat yang dikemudikan pilot Capten Hari Permadi dan co pilot Levi Murib dilaporkan berangkat dari Elelim pukul 10.53 LT menuju Poik yang dijadwalkan tiba pukul 11.06 LT, namun hingga kini pesawat tersebut belum tiba di Poik.

Dari laporan yang diterima posisi pesawat PK-SMW melalui satelite tracking terakhir pada koordinat 03 52 43,67S 139 27 16.07E dengan ketinggian 6956FT, kata Danlanud Silas Papare Marsma TNI M. Dadan Gunawan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.