Sukses

Menjaga Geliat Koperasi Lintas Generasi

Koperasi dapat memberikan manfaat dan keuntungan bagi setiap anggotanya.

Liputan6.com, Jakarta - Koperasi Hartanah terus memperkenalkan manfaat koperasi kepada masyarakat Indonesia dari generasi ke generasi. Salah satunya melalui pelaksanaa Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2022 di 101 Urban Hotel Jakarta pada tanggal 14 Juni 2023.

RAT merupakan kewajiban yang dilaksanakan setiap tahun oleh seluruh koperasi sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Rapat ini merupakan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas Koperasi Hartanah kepada seluruh anggota.

Tema RAT Koperasi Hartanah kali ini adalah "Bersama Koperasi Wujudkan Impian Setiap Generasi". Meskipun banyak perusahaan mengalami kesulitan dan koperasi mengalami kegagalan selama pandemi, Koperasi Hartanah tetap kokoh berdiri berkat pengaturan cash flow yang tepat dan kemampuan untuk berinovasi.

Ketua Koperasi Hartanah Makmur Sentosa, Johny Gunawan mengatakan koperasi ini selalu memberikan program dan produk yang sesuai dengan kebutuhan anggotanya, membantu anggota tetap bertahan di masa pandemi.

"RAT Koperasi Hartanah dilakukan dengan sistem hybrid menggunakan aplikasi zoom untuk memfasilitasi anggota yang berhalangan hadir," ujarnya.

Koperasi Hartanah memiliki anggota tidak hanya di Jabodetabek, tetapi juga di kota-kota seperti Surabaya, Bandung, Palembang, Medan, Bali, Sidoarjo, Sukabumi, dan lain-lain.

Johny menyampaikan pihaknya berkomitmen untuk ikut serta dalam pertumbuhan dan perkembangan koperasi Indonesia. RAT merupakan pengendalian agar koperasi dapat berfungsi dengan baik dan merumuskan program ke depan untuk memperkuat perekonomian.

"Transformasi digital telah memberikan dampak signifikan pada koperasi di Indonesia, penggunaan platform dan aplikasi online telah meningkatkan efisiensi operasional dan jangkauan pasar," jelasnya.

Namun, masih sedikit generasi muda yang melirik koperasi sebagai tempat untuk menabung. Johny mengingatkan bahwa menabung di koperasi memiliki banyak keuntungan, seperti imbal hasil bunga yang lebih tinggi, biaya administrasi yang gratis, dan pajak bunga yang lebih rendah.

Koperasi Hartanah terus berupaya memberikan yang terbaik kepada anggotanya. Mereka telah menghadirkan beberapa produk baru yang sesuai dengan kebutuhan anggota dan masyarakat, seperti Hartanah Mart untuk UMKM, Gajian Sekarang yang memungkinkan karyawan mengambil gaji lebih awal, cicilan emas, dan The 100 Club yang membantu generasi muda mencapai tabungan pertama mereka.

Acara RAT Koperasi Hartanah dihadiri oleh perwakilan dari Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Jakarta Barat. Mereka mengapresiasi konsistensi Koperasi Hartanah dalam melaksanakan RAT setiap tahun sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada anggota.

Dengan melaksanakan RAT secara rutin dan terus berinovasi, Koperasi Hartanah berkomitmen untuk menjadi bagian dari pertumbuhan dan perkembangan koperasi Indonesia serta memperkuat perekonomian anggotanya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini