Sukses

Mengenal AKHLAK, Nilai-Nilai yang Diimplementasikan Seluruh BUMN

AKHLAK BUMN adalah singkatan dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif, yang merupakan core values dari BUMN.

Liputan6.com, Jakarta - Nilai AKHLAK BUMN sangat lazim digunakan dalam materi soal seleksi penerimaan karyawan di perusahaan negara sejak beberapa tahun terakhir. Tidak terkecuali saat Rekrutmen Bersama BUMN 2023.

Lantas, apa itu AKHLAK BUMN? AKHLAK BUMN adalah singkatan dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif, yang merupakan core values dari BUMN.

AKHLAK BUMN merupakan panduan perilaku dari setiap sumber daya manusia (SDM) BUMN untuk diimplementasikan dalam perilaku keseharian dan membentuk budaya kerja di BUMN.

AKHLAK BUMN ini pertama kali dipopulerkan saat Erick Thohir menjabat sebagai Menteri BUMN periode 2019-2024.

Terdapat enam jenis AKHLAK BUMN, yakni: Panduan Perilaku Amanah BUMN, Panduan Perilaku Kompeten BUMN, Panduan Perilaku Harmonis BUMN, Panduan Perilaku Loyal BUMN, Panduan Perilaku Adaptif BUMN, dan Panduan Perilaku Kolaboratif BUMN.

AKHLAK BUMN ini wajib dijalankan oleh SDM BUMN, mulai dari direksi, dewan komisaris/dewan pengawas, manajerial dan pegawai, dan karyawan atau pekerja di lingkungan Badan Usaha Milik Negara, anak perusahaan, serta perusahaan afiliasi terkonsolidasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Core values berupa AKHLAK BUMN ini ditetapkan sebagai identitas dan perekat budaya kerja yang didukung peningkatan kinerja secara berkelanjutan.

Selain itu, AKHLAK BUMN juga sangat penting diketahui bagi para calon karyawan BUMN. Ini karena nilai AKHLAK BUMN masuk dalam tes soal dalam rekrutmen di perusahaan-perusahaan pelat merah.

AKHLAK BUMN juga tak hanya wajib diimplementasikan para karyawan BUMN, tetapi juga berlaku untuk pegawai di Kementerian BUMN, anak maupun cucu usaha perusahaan BUMN.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini