Sukses

Mencicipi Soto Kletuk Khas Blora yang Nikmat Disantap Siang Hari

Salah satu warung yang bisa dijadikan tujuan untuk menikmati soto kletuk adalah Soto Kletuk Mbah Gowak.

Liputan6.com, Blora - Blora, Jawa Tengah, menjadi salah satu lokasi yang cocok untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga. Selain berlibur, kamu dan keluarga juga bisa berburu wisata kuliner khas yang ada di kota mustika ini.

Salah satu kuliner yang patut dicoba saat berada di Blora adalah soto kletuk. Mengutip dari visitjawatengah.jatengprov.go.id, sajian ini sangat pas dinikmati saat siang hari.

Salah satu warung yang bisa dijadikan tujuan untuk menikmati soto kletuk adalah Soto Kletuk Mbah Gowak. Tempat ini berlokasi di Jalan Gunung Lawu RT.04/RW.01, Tempelan, Tegalgunung, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Warungnya berupa rumah ini berada di pinggir jalan. Terdapat banner yang mempermudah pengunjung untuk mengenali tempat ini.

Sebelumnya, penjual soto ini menjajakan dagangannya dengan cara dipikul. Selain itu, dahulu Mbah Gowak juga pernah berjualan di sekitar Alun-alun Blora.

Sepintas, soto kletuk memiliki tampilan yang sama seperti soto pada umumnya. Kuah soto ini juga memiliki warna bening kecoklatan.

Namun, yang jadi pembeda soto ini dengan soto lainnya adalah kuahnya yang dicampur dengan potongan ketela pohon. Ketela pohon tersebut diiris dengan bentuk potongan dadu kecil. Memiliki tekstur yang padat, ketela tersebut akan menimbulkan suara 'tuk' saat disantap.

Sementara itu, ketela pohon tersebut diolah dengan cara ditumbuk terlebih dahulu hingga menjadi gemblong tawar. Setelah itu, ketela diiris dan dijemur sebelum digoreng.

Kuliner Blora ini memiliki rasa yang begitu gurih karena kuahnya merupakan kaldu ayam. Soto kletuk khas Blora ini bisa dinikmati dengan aneka lauk tambahan.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.