Sukses

Surga Wisata di Kepulauan Nias, Suguhkan Panorama Alam yang Cantik

Berikut beberapa surga wisata Nias yang bisa kamu kunjungi

Liputan6.com, Nias - Kepulauan Nias, Sumatra Utara, memang terkenal dengan keindahan alamnya yang menawan. Daerah ini dihiasi oleh berbagai pantai, pulau, serta destinasi wisata alam lain yang memanjakan mata.

Berkunjung ke pulau yang terkenal dengan tradisi lompat batu atau fahombo ini bisa diakses melalui jalur laut. Dengan membutuhkan waktu pelayaran selama 10 jam dari Sibolga, pengunjung bisa sampai ke Gunungsitoli.

Jalur lain yang bisa dilalui adalah jalur udara dari Kualanamu atau Padang. Jalur ini hanya memerlukan waktu sekitar 1 jam penerbangan saja.

Berikut beberapa surga wisata Nias yang bisa kamu kunjungi:

1. Pantai Fari’i

Pantai Fari'i terletak di sebuah pulau kecil yang merupakan bagian dari wilayah Desa Hilimberua Na’a, Kecamatan Sirombu. Pantai ini menawarkan keindahan pemandangan hamparan pasir luas dan pondok-pondok kecil dengan barisan pohon cemara.

Pengunjung juga bisa memancing di pantai ini. Hal tersebut bisa dilakukan dengan berjalan kaki ketika air laut surut atau menyewa perahu nelayan warga.

2. Pantai Gawu Soyo

Pantai Gawu Soyo merupakan pantai cantik di Nias dengan pasir berwarna pink. Pantai ini berlokasi di Desa Ombolata, Kecamatan Afulu, Kabupaten Nias Utara.

Pantai ini menjadi satu-satunya pantai berwarna pink di Sumatra. Menurut cerita legenda, warna pink pada pasir tersebut dikarenakan dahulu pernah terjadi pertumpahan darah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pantai Tureloto

3. Pantai Tureloto

Pantai Tureloto berjarak sekitar 60 km dari Gunungsitoli. Sementara dari Bandara Binaka, tempat ini berjarak sekitar 80 km.

Pantai Tureloto merupakan salah satu destinasi wisata yang aman untuk berenang. Air di pantai ini memiliki kadar garam yang tinggi seperti di Laut Mati, Timur Tengah, sehingga tubuh bisa mengapung meski tanpa pelampung.

Selain itu, juga terdapat batu karang raksasa berbentuk bundar di bibir pantai. Batu tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Ada juga batu karang di sekitar pantai memiliki bentuk unik, salah satunya menyerupai bentuk otak manusia. Wisatawan pun biasa menyebutnya dengan batu otak.

4. Pulau Asu

Pulau Asu di Kepulauan Nias dijuluki sebagai 'The Paradise on Earth'. Pulau ini memiliki air laut yang jernih dengan gradasi biru yang cantik.

Mengutip dari Direktori Pulau-pulau Kecil Indonesia, secara administrasi, Pulau Asu termasuk dalam Kecamatan Pulau-Pulau Batu, Kabupaten Nias Selatan. Selain keindahan pantai dan airnya yang jernih, pulau ini juga memiliki keindahan biota bawah laut yang menawan.

5. Pulau Hinako

Pulau Hinako menjadi tempat yang tepat untuk kamu yang hobi berselancar di ombak besar. Lokasi ini juga menawarkan pemandangan yang indah, sangat pas dengan aktivitas surfing. Pantai di pulau ini juga memiliki alam bawah laut yang indah, sangat cocok untuk snorkeling.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini