Sukses

Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Pangkalpinang, dari Camilan hingga Minuman

Terdapat banyak pilihan camilan maupun minuman khas Pangkalpinang yang bisa dibawa pulang untuk dijadikan buah tangan

Liputan6.com, Pangkalpinang - Selain menikmati destinasi wisata menarik dan kuliner lezat, salah satu hal yang tak boleh dilewatkan saat berlibur adalah berburu oleh-oleh khas. Begitu pula saat berlibur ke Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung (Babel), yang dijuluki kota seribu senyuman.

Terdapat banyak pilihan camilan maupun minuman khas yang bisa dibawa pulang untuk dijadikan buah tangan. Berikut beberapa oleh-oleh Pangkalpinang yang tak boleh dilewatkan:

1. Asinan Kelubi

Asinan kelubi dibuat dengan menggunakan buah kelubi. Buah khas Pangkalpinang yang kaya vitamin C ini mirip dengan salak.

Asinan kelubi memiliki rasa yang beragam, mulai dari manis, asam, dan asin. Asinan ini biasanya dinikmati dengan garam cabe.

2. Bong Li Piang

Bong li piang merupakan salah satu kue khas Pangkalpinang lainnya yang wajib dijadikan oleh-oleh. Kue ini memiliki isian berupa selai nanas. Bong li piang merupakan kue perpaduan antara budaya lokal dan budaya Tionghoa.

3. Kemplang

Kemplang merupakan camilan yang mirip seperti kerupuk. Biasanya, kemplang terbuat dari ikan tenggiri, udang, atau cumi segar.

Bahan-bahan tersebut kemudian dicampur dengan tepung tapioka. Selain digoreng dengan minyak, kemplang juga ada yang dipanggang maupun digoreng dengan menggunakan pasir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kericu

4. Kericu

Sekilas, kericu memiliki tampilan yang mirip camilan bidaran dengan bentuknya yang tipis memanjang. Kericu dibuat dengan campuran telur cumi-cumi yang membuat camilan ini menjadi semakin gurih.

5. Kue Rintak

Kue rintak juga biasa disebut kue sagu karena berbahan utama sagu. Kue ini memiliki bentuk yang sama seperti bunga.

Kue rintak memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam. Kue ini umumnya disantap sebagai teman kopi dan susu.

6. Sirup Jeruk Kunci

Sirup jeruk kunci memiliki rasa asam manis dengan warna kuning yang segar menggoda. Minuman yang kaya akan vitamin C ini bisa menjadi oleh-oleh yang tepat karena sulit ditemukan di daerah lain.

(Resla Aknaita Chak)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.