Sukses

Bikin Kaget, Relawan Jokowi dan Gibran Deklarasikan Dukung Capres Prabowo di Solo

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mendapat dukungan sebagai capres dari sejumah perwakilan relawan pendukung Jokowi dan Gibran. Deklarasi ini ditandai dengan pemberian kaus bergambar siluet Gibran kepada mantan Danjen Kopassus.

Liputan6.com, Solo - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bertemu dengan putra sulung Presiden Jokowi yang juga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Angkringan Omah Semar, Solo, Jumat (19/5/2023) malam. Pertemuan yang juga dihadiri 15 organisasi relawan Jokowi dan Gibran itu juga ditandai dengan deklarasi dukungan pencapresan kepada mantan Danjen Kopassus tersebut.

Pantauan Liputan6.com, Prabowo dan Gibran Rakabuming Raka tiba di angkringan yang beralamat di Jalan Duku 1, Jajar, Laweyan, Solo sekitar pukul 21.10 WIB. Kedua tokoh itu duduk dalam dalam satu mobil Toyota Alphard dengan plat nomor RI 23. Setelah turun dari mobil, Prabowo dan Gibran menyapa para awak media yang telah menunggunya sejak pukul 19.30 WIB.

Kedatangan Prabowo itu disambut 15 perwakilan organisasi relawan pendukung Jokowi dan Gibran. Para perwakilan relawan itu berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Mereka datang untuk mendeklarasikan dukungannya kepada capres Prabowo Subianto untuk maju dalam Pilpres 2024.

Setelah menyapa para relawan Jokowi dan Gibran, Prabowo dan ditemani Gibran langsung berjalan menuju ruang kaca di angkringan tersebut. Mereka melakukan pembicaraan empat mata dengan sajian berbagai menu tradisional khas angkringan seperti jadah, kacang rebus, pisang rebus, krupuk dan menu lainnya.

Usai sekitar satu jam melakukan pertemuan tertutup, Prabowo langsung menyambangi meja relawan Jokowi dan Gibran. Satu per satu para perwakilan relawan itu memperkenalkan diri sembari menyebut nama organisasi relawan. Para relawan tersebut dikoordinatori oleh Kuat Hermawan yang merupakan koordinator relawan Gibran.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kaget Didukung Relawan Jokowi dan Gibran

Dalam sambutannya, Prabowo mengaku kaget karena dalam pertemuannya dengan Gibran juga dihadiri sejumlah perwakilan organisasi relawan Jokowi dari Jawa Timur dan Jawa Tengah. Ia juga tidak menyangka organisasi relawan itu langsung menyatakan dukungan kepada dirinya sebagai capres untuk maju dalam Pilpres 2024.

"Terus terang saja, saya kaget saudara-saudara sudah mendukung saya. Saya kira masih menunggu beberapa saat, iya kan?," kata Prabowo.

Dengan penentuan sikap dukungan itu, ia pun bakal mengundang perwakilan relawan yang hadir pada malam itu untuk melakukan pertemuan lebih lanjut di kediaman pribadinya di Hambalang, Bogor, Jawa Barat. Namun kapan jadwal undangan pertemuan itu akan berlangsung, Prabowo belum menyebutkan secara detail hari dan tanggalnya.

"Kalau begitu, saya kira sepantasnya saya undang saudara-saudara ke tempat saya di Hambalang. Sekalian saja ke-100 korlap relawan. Nanti di situ kita siapkan angka-angka, luar biasa masa depan bangsa kita itu," ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

Pemberian Mandat

Sementara itu koordinator relawan Jokowi dan Gibran, Kuat Hermawan mengatakan keputusan untuk mendukung pencapresan Prabowo merupakan tindak lanjut dari pertemuan relawan di Loji Gandrung beberapa waktu lalu. Pertemuan tersebut dihadiri sekitar 100 perwakilan kelompok relawan di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Kawan-kawan yang kemarin melakukan konsolidasi di tempatnya Pak Gibran di Loji Gandrung itu telah mengerucutkan suara menjadi satu nama, yaitu Prabowo," ujar Kuat yang juga koordinator relawan Gibran.

Menurut dia pertimbangan mendukung Prabowo sebagai capres berdasarkan komitmen Menteri Pertahanan itu terhadap Indonesia sangat luar biasa. Ia juga dinilai tokoh yang paling cocok untuk meneruskan gagasan-gagasan Presiden Jokowi ke depan.

"Meneruskan program-program yang hari ini oleh Pak Jokowi telah dirintis," ucapnya.

Bentuk dukungan para relawan pendukung Jokowi dan Gibran kepada pencapresan Prabowo ditandai dengan pemberian kaus dari koordinator relawan kepada Prabowo. Kaus bergambar siluet wajah Gibran dengan perpaduan warna merah dan hitam itu bertuliskan 'BOLONE MASE'

Kuat menjelaskan pemberian kaus itu sebagai bentuk menyerahkan mandat dan kepercayaan dari para relawan Jokowi dan Gibran kepada Prabowo pada Pilpres 2024."Makna pemberian kaus itu mandat dari kami agar Pak Prabowo ingat pada kami soal perjuangan dan manjdat perjuangan untuk meneruskan program Pak Jokowi," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.