Sukses

Crosser Asal Kediri Juara Umum Seri Perdana Balap Motocross di Sirkuit Eks-Benteng Kolonial

Crosser asal Kediri, Jawa Timur, Lantian Juan berhasil menjadi juara umum pada seri pembuka adu balap motor bergengsi Trial Game Dirt 2023 yang digelar di Sirkuit Lapangan Benteng Vasternburg Solo, Sabtu (13/5/2023) malam.

Liputan6.com, Solo - Ajang balap motocross bergengsi Trial Game Dirt 2023 yang digelar di sirkuit lapangan eks benteng peninggalan kolonial Belanda, Benteng Vasternburg, Solo telah mencapai puncaknya pada Sabtu malam (13/5/2023).

Pembalap asal Kediri, Lantian Juan berhasil menjadi juara umum pada seri pembuka kejuaraan motocross tingkat nasional itu.

Selama dua hari race, pertarungan panas tersaji dari sejumlah pebalap garuk tanah terbaik di empat kelas yang diperlombakan yaitu Free For All (FFA) Open, Campuran Open, Campuran Non Seeded dan FFA Master.

Pada hari terakhir ajang balap motocross itu, tribun penonton dipenuhi warga Solo dan sekitarnya yang ingin menyaksikan langsung aksi adu balap para crosser.

Hasilnya, Lantian Juan dinobatkan sebagai Juara Umum Trial Game Dirt 2023 Seri Solo. Pembalap kelahiran 23 Oktober 1999 itu mampu merajai Sirkuit Lapangan Benteng Vastenburg berkat akumulasi poin tertinggi di dua kelas utama yaitu FFA Open dan Campuran Open.

Total 50 poin yang diraih Lantian membuatnya unggul telak atas Asep Lukman dengan 38 poin, dan Rafi Ade dengan 37 poin.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Juarai Dua Kelas Balapan

Di kelas FFA Open yang berlangsung malam hari, Lantian Juan mampu mengunci gelar juara di Solo dengan capaian total waktu tercepat 05:39.172. Membuntuti di belakangnya Rafi Ade dengan total waktu 05:40.998. Sementara di posisi ketiga crosser asal Boyolali Asep Lukman meraih total waktu 05:41.801.

Crosser Lantian Juan kembali membuktikan sebagai juara di kelas Campuran Open. Dia menjadi juara dengan total catatan waktu tercepat 05:36.567. Bahkan crosser dari tim Rizqy Motorsport itu berhasil mengungguli pebalap tuan rumah Solo, Ivan Harry Nugroho yang harus rela menempati posisi kedua dengan catatan total waktu 05:38.817. Di posisi ketiga ada Muhammad Asel dengan raihan total waktu 05:38.971.

Usai melakukan victory lap dan naik podium, Lantian mengaku bangga mampu menjadi juara seri perdana Trial Game Dirt di Solo. Menurutnya Sirkuit Lapangan Benteng Vastenburg menghadirkan tantangan yang tak mudah untuk di taklukan. Terlebih lawan-lawannya juga menunjukkan performa yang tak kalah garang.

“Ya saya sangat bersyukur bisa menjadi juara seri pertama di Solo setelah persaingan yang ketat sekali. Apalagi kemarin di hari pertama cuaca sempat hujan, namun itu yang membuat seru semuanya,” kata Lantian di Sirkuit Lapangan Benteng Vasternburg, Solo pada Sabtu malam (13/5/2023).

Sementara itu di kelas Campuran Non Seeded, crosser Andreas Damara mampu menjadi yang terbaik berkat torehan total waktu tercepat 03:49.113. Ia berhasil mengungguli Aksa Firma di posisi kedua yang meraih total waktu 03:49.594. Posisi ketiga ditempati Yovi Kristyan dengan total waktu 03:49.746.

Terakhir di kelas FFA Master, crosser tuan rumah Wahyu Gareng Wijayanto unggul atas lawan-lawannya berkat total waktu tercepat 03:54.215. Membuntuti di belakangnya ada Djohan Irawan dengan total waktu 04:03.650. Berikutnya Indra Pratama mengisi posisi tiga dengan total waktu 04:27.530.

3 dari 3 halaman

Menatap Seri Lanjutan Trial Game Dirt

Agnes Wuisan dari “76Rider” selaku penyelenggara Trial Game Dirt merasa puas dengan jalannya seluruh race di Solo yang dinilainya sangat kompetitif. Ia pun optimistis ajang Trial Game Dirt seri seri berikutnya bakal makin menantang lantaran persaingan ketat dan aksi- aksi berkelas yang diperlihatkan para crosser.

“Persaingan di Solo sebagai seri perdana luar biasa ketat dan sulit diprediksi sejak awal. Ini menjadi sinyal positif bahwa crosser-crosser di Tanah Air semakin menunjukan kemampuan mereka di lintasan. Kami berharap persaingan yang tersaji di Trial Game Dirt mampu menambah kompetitif skema balap motocross di Tanah Air,” tandas Agnes.

Untuk diketahui, rangkaian Trial Game Dirt 2023 yang diselenggarakan oleh “76Rider” ini direncanakan berlangsung enam seri. Usai Solo, rangkaian akan berlanjut ke Lumajang (2-3 Juni), Purwokerto (7-8 Juli), Magelang (11-12 Agustus), Mojokerto (22-23 September), dan seri pamungkas di Nganjuk (13-14 Oktober). Para crosser akan mengumpulkan poin dari seri pertama hingga keenam untuk mendapatkan gelar Juara Umum Trial Game Dirt 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.