Sukses

Satgas Damai Cartenz Tangkap Pejabat Daerah yang Bantu KKB Papua

Satgas Penegakan Hukum Damai Cartenz menangkap Kepala Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, berinisial MM (37).

Liputan6.com, Jayapura - Pejabat daerah yang membantu kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua akhirnya terkuak. Satgas Penegakan Hukum Damai Cartenz menangkap Kepala Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, berinisial MM (37), karena diduga menjadi pemasok senjata api dan amunisi ke KKB.

Dansatgas Damai Cartenz Kombes Pol Faizal Rahmadani, Kamis (4/5/2023), membenarkan adanya penangkapan Kadistrik Kenyam berinisial MM (37). Memang benar Satgas Penegakan Hukum Damai Cartenz telah menangkap Kepala Distrik Kenyam di Kenyam.

"Penangkapan dilakukan bulan April lalu, dan saat ini masih terus didalami," kata Kombes Pol Faizal.

Diakui, penangkapan terhadap MM dilakukan karena sebelumnya ada indikasi keterlibatan yang bersangkutan dalam membantu mendanai KKB wilayah Nduga untuk pembelian senjata dan amunisi.

Satgas penegakan hukum Damai Cartenz masih memroses kasus yang melibatkan MM. Sebelumnya satgas Damai Cartenz telah mengamankan 13 senjata api dan 710 butir amunisi berbagai kaliber dari tangan KKB.

Selain senjata api dan amunisi juga diamankan16 magazen, 136 senjata tajam, 76 telepon seluler, 23 HT, empat radio SSB, kamera dan teropong masing-masing tujuh, radio SSB, laptop dan bendera Bintang Kejora masing-masing empat unit.

Sejumlah 13 Senjata api itu diperoleh dari Kabupaten Nduga sebanyak enam pucuk, Kabupaten Jayapura empat pucuk, Puncak dua pucuk senjata api dan satu pucuk dari Kabupaten Jayapura.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.