Sukses

One Way Ditutup, Kondisi Terkini Arus Balik Lebaran dari Tol Cipali hingga Arteri Cirebon

Sejak penutupan kebijakan one way arus lalu lintas di Cipali berlalu dua arah sementara di Pantura Cirebon arus balik terpantau lengang

Liputan6.com, Cirebon - Sejumlah kendaraan masih melintas di tol maupun arteri Pantura Cirebon pada masa arus balik lebaran idul fitri 2023.

Meski demikian, polisi menutup kebijakan one way di tol pada arus balik lebaran. Otomatis, arus lalu lintas di Tol kembali seperti semula. 

Berdasarkan data yang ada, volume kendaraan yang melintas di ruas Tol Cipali pada Kamis, 27 April 2023 sebanyak 81 ribu. 

Astra Tol Cipali mencatat volume kendaraan yang melintas di Ruas Tol Cipali sejak H-10 s.d H+4 lebaran sebesar 1,5 juta kendaraan. 

Kepala Divisi Operasi ASTRA Tol Cipali Sri Mulyo mengatakan, sejak penutupan kebijakan one way arus lalu lintas di Cipali berlalu dua arah. 

"Berlaku dua arah dari Cirebon dan Jakarta sesuai dengan koordinasi dan arahan dari Korlantas Polri," kata Sri Mulyo, Jumat (28/4/2023).

Namun demikian, Sri Mulyo mengaku musim arus balik belum berakhir. Astra Tol Cipali masih memberlakukan diskon tarif tol arus balik sampai hari Sabtu, 29 April 2203 pukul 06.00 WIB.

Diskon tersebut khusus kendaraan golongan 1 yang bertransaksi menggunakan kartu uang elektronik. Pemberlakukan diskon tarif tol ini berlaku bagi para pengguna jalan yang melakukan perjalan dari Gerbang Tol Kalikangkung dan keluar di Gerbang Tol Cikampek Utama (Cikatama).

"Tetap tertib patuhi aturan rambu-rambu lalu lintas dan jaga kondisi fisik bagus," kata Sri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Arteri Cirebon

Terpisah, pantauan arus balik lebaran Idul Fitri di arteri Kota Cirebon terlihat mulai lengang. Volume kendaraan baik roda dua maupun empat terlihat semakin berkurang.

Kabid Lalu Lintas Dishub Kota Cirebon Indra Setiaman mengatakan, volume kendaraan roda dua yang melintasi arteri Cirebon menuju Jakarta sebanyak 17.089, sementara roda tiga sebanyak 3.157 kendaraan.

"Iya belakangan ini cenderung menurun dibandingkan tanggal 26 April 2023 lalu yang jumlahnya roda dua sampai 70 ribu kendaraan. Prediksi kami puncak arus balik tahap dua hari Sabtu dan Minggu," kata Indra. 

Namun demikian, Indra memprediksi akan ada kenaikan volume kendaraan arus balik lebaran 2023. Prediksi kenaikan tersebut karena masih ada waktu perpanjangan cuti lebaran..

Indra menyebutkan, pemudik kembali ke Jakarta pada tanggal 26 April 2023 lalu diperkirakan adalah PNS, karyawan swasta, maupun BUMN.

"Tapi itu baru sebagian setelah ada perpanjangan masa cuti kemungkinan merubah perjalanan," jelas Indra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.