Sukses

Boiler PLTU Jeranjang Bermasalah, Listrik se Pulau Lombok Padam Bergilir

Ratusan desa yang mengalami pemadaman dibagi berdasarkan ULP.

Liputan6.com, Mataram Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Wilayah NTB memadamkan listrik di ratusan desa sepulau Lombok pada hari Rabu 26 April 2023 mulai pukul 18.00 Wita hingga pukul 22.00 Wita. Hal itu dikarenakan terjadinya kerusakan alat di PLTU Jeranjang.

Ratusan desa di Lombok yang mengalami pemadaman listrik dibagi berdasarkan ULP yaitu ULP Ampenan (Kota Mataram), Cakranegara (Kota Mataram), Praya (Lombok Tengah), Selong (Lombok Timur) Tanjung (Lombok Utara) dan Pringga Baya (Lombok Timur).

Manager PLN UP3 Mataram, Wiedhyarno Arief mengatakan alat yang bermaslah tersebut adalah Boiler atau katel uap. Katel Uap tersebut diketahui bermasalah setelah mengalami penurunan temperatur.

”Setelah ditemukan indikasi (penurunan temperatur) tersebut, PLN Segera melakukan General Inspection agar dampaknya tidak semakin meluas,” kata Wiedhyarno Arief, Rabu 26/04/2023.

Setelah melaksanakan general inspection, PLTU nantinya akan memastikan seluruh peralatan dalam kondisi aman sebelum dioperasikan. Setelah kondisi aman, maka PLTU bisa dioperasikan.

“Dari posisi engine off, PLTU sendiri memerlukan waktu 8-10 jam untuk bisa menghasilkan uap. Diharapkan PLTU Jeranjang akan dapat kembali masuk menyuplai Ssistem Kelistrikan Lombok pada hari Kamis. Kami mohon doa, semoga sistem kelistrikan Lombok kembali normal sesegera mungkin,”kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Padam Tiba-Tiba

Pemadaman kali ini dikeluhkan oleh sebagian warga karena terkesan tiba tiba. Seharusnya ada pemberitahuan pemadamanan yang dilakukan 24 jam sebelumnya.

Namun, nyatanya PLN NTB menginformasikan rencana pemadaman ini beberapa jam sebelum pemadaman melalui pesan whatsapp berantai, dan akun media sosial PLN NTB.

"PLN seharusnya menginformasikan sehari sebelumnya, tetapi kenapa ini baru tadi siang, dan kami kerepotan untuk mencari genset,” kata Ale salah seorang warga Mataram.

Kejadian pemadaman listrik secara tiba tiba dan tanpa pemberitahuan kerap terjadi di Lombok. Pada 10 April 2023 seluruh pulau Lombok mengalami pemadaman hampir satu hari penuh, namun PLN enggan merinci apa penyebab padam tersebut, dan hanya menjelaskan bahwa terjadi pemeliharaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.