Sukses

Alasan Megawati Umumkan Ganjar Pranowo Capres PDIP Tepat di Hari Kartini

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden dari PDIP, bertepatan dengan Hari Kartini (21/4/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden dari PDIP, bertepatan dengan Hari Kartini (21/4/2023). Megawati bukan tanpa alasan memilih deklarasi pada Hari Kartini. Dalam pernyataan Megawati mengatakan, tanggal 21 April dipilih karena pada tanggal ini Presiden Sukarno menetapkan RA Kartini sebagai pahlawan kemerdekaan nasional.

"Belia sosok pembebas perempuan pelopor perjuangan kaum perempuan, ini bukan sekadar perjuangan emansipasi belaka, bukan pula hanya sekadar politik afirmatif, namun menyangkut hal mendasar terkait harkat dan martabat kaum perempaun. Sebab kata Bung Karno perempuan adalah jalan peradaban," katanya.

Megawati juga menyebut, sayap burung garuda kanan dan kiri adalah laki-laki dan perempuan. Jika salah satunya ada yang patah, apalagi perempuannya, maka burung Garuda tidak bisa terbang ke angkasa.

"Sebab itu saya sengaja memilih 21 April," katanya.

Sebelumnya Presiden Jokowi meninggalkan rumah pribadinya di Sumber, Banjarsari, Solo pada Jumat (21/4/2023). Dikabarkan mantan Wali Kota Solo itu akan terbang ke Jakarta untuk menghadiri pengumuman Ganjar Pranowo sebagai capres PDIP.

Presiden Jokowi meninggalkan kediaman pribadinya di Jalan Kutai Utara, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo sekitar pukul 10.00 WIB.

Jokowi tampak di dalam mobil sedan Mercedes Benz dengan plat nomor B 1197 RFS. Presiden Jokowi meninggalkan kediamannya untuk menuju Bandara Adi Soemarmo.

Selanjutnya Presiden RI ke-7 itu akan terbang ke Jakarta dengan pesawat kepresidenan.

Keberangkatan Jokowi yang mendadak di sela libur Lebaran di Solo dikabarkan untuk menghadiri acara pengumuman Ganjar Pranowo sebagai capres PDIP. Pengumuman capres itu akan dilakukan di Istana Batu Tulis Bogor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.