Sukses

Melihat Masjid Cheng Ho Palembang, Ikon Perpaduan Budaya Palembang, Tiongkok, dan Arab

Bangunan Masjid Cheng Ho Palembang memang terlihat sangat mencolok.

Liputan6.com, Palembang - Masjid Al Islam Muhammad Cheng Ho Sriwijaya atau Masjid Cheng Ho Palembang berlokasi di 15 Ulu, Seberang Ulu I, Palembang. Dari kejauhan, masjid ini tampak seperti naga yang sedang berdiam diri.

Bangunan Masjid Cheng Ho Palembang memang terlihat sangat mencolok. Masjid ini didominasi warna pink pada dinding dengan pilar-pilar berwarna merah.

Pada bagian atap Masjid Cheng Ho tampak mentereng dengan kubah berwarna hijau. Tak lupa, juga terdapat bulan sabit dan bintang di bagian atap. Pada sudut-sudut atap bangunan tersebut juga berbentuk limas.

Masjid yang juga dikenal dengan nama Masjid Sriwijaya ini mampu menampung jemaah sekitar 600 orang. Masjid berlantai dua ini juga dilengkapi dua menara serupa pagoda berwana merah.

Masing-masing menara tersebut diberi nama 'habluminallah' (hubungan manusia dengan Allah) dan 'hambluminannas' (hubungan manusia dengan sesama manusia). Kedua menara tersebut memiliki lima tingkat yang melambangkan salat lima waktu.

Adapun untuk tingginya, menara tersebut memiliki tinggi 17 meter yang menyimbolkan jumlah rakaat yang harus dikerjakan oleh umat muslim setiap harinya. Desain arsitektur masjid ini tergolong unik karena memadukan unsur-unsur budaya lokal Palembang serta nuansa China dan Arab.

Menara di kedua sisi masjid meniru kwlenteng-kwlenteng di China dengan warna merah dan hijau giok. Selain sebagai tempat ibadah, masjid ini juga sering menggelar kegiatan keagamaan.

Karena bentuk arsitekturnya yang menarik, masjid ini juga menjadi salah satu destinasi wisata religi Palembang. Terdapat sebuah rumah atau mimbar kecil untuk imam, kantor, perpustakaan, hingga ruang serbaguna di Masjid Cheng Ho Palembang ini.

Penulis: Resla Aknaita Chak

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.