Sukses

Inovasi Industri Kreatif dan Teknologi Karya Anak Bangsa di South by Southwest 2023

SXSW merupakan acara tahunan yang terkenal sebagai tempat berkumpulnya para pelaku industri kreatif global.

Liputan6.com, Amerika Serikat - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan Direktorat Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf RI berpartisipasi pada acara South by Southwest (SXSW) yang berlangsung pada 10-19 Maret 2023 di Austin, Texas, Amerika Serikat.

SXSW merupakan acara tahunan yang terkenal sebagai tempat berkumpulnya para pelaku industri kreatif global. Acara ini akan menampilkan berbagai program seperti musik, film, interaktif, teknologi, pendidikan, dan konferensi bisnis.

Sekretaris Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Helma Dahlia mengatakan dalam kesempatan ini, Indonesia menghadirkan 9 delegasi dimana lima delegasi pelaku teknologi dan industri kreatif.

Mereka berasal dari Jakarta yaitu PT Aurora Cantika Globalindo (Alatte Beauty), PT Aruvana Virtual Semesta (Aruvana), PT Produksi Kreatif Anak Bangsa (GoPlay), PT Cerita Horologi Indonesia (Horology Story), dan PT Likuid Jaya Inisiasi (Sermorpheus).

"Data dari Badan Pusat Statistik (BPS), ekspor produk kreatif Indonesia mencapai USD 16,4 miliar pada tahun 2022," ujarnya.

Data tersebut menunjukkan bahwa produk-produk kreatif Indonesia telah berhasil menembus pasar internasional dan mendapatkan pengakuan dari konsumen di luar negeri. Produk kreatif Indonesia dapat menjadi pilihan yang menarik bagi konsumen di seluruh dunia.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, Andhika Permata menyampaikan partisipasi Jakarta dalam acara SXSW 2023 adalah kesempatan emas bagi kita untuk mempromosikan produk-produk inovatif dan berkualitas tinggi dari industri kreatif dan teknologi Jakarta kepada dunia.

"Partisipasi ini juga akan membawa manfaat besar bagi Jakarta, baik dalam hal promosi, investasi, maupun kerja sama internasional, serta membawa inspirasi dan wawasan baru bagi pengembangan kota Jakarta ke depan," tambah Lucky Wulandari selaku Subkoordinator Hubungan Antar Lembaga dan Fasilitasi HKI yang turut mendampingi delegasi dari Jakarta di SXSW 2023.

Jakarta akan membawa semangat inovasi industri kreatif dan teknologi ke acara SXSW 2023, dan berharap dapat memperluas jaringan kerja sama, meningkatkan kemitraan dengan pelaku industri global.

Kesempatan ini diharapkan membuka peluang baru untuk meningkatkan ekspor produk-produk kreatif Indonesia di pasar internasional sehingga memperkuat posisi Jakarta sebagai pusat kreatifitas dan inovasi teknologi di Asia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.