Sukses

Jelang Musim Mudik Lebaran 2023, Sopir Bus Harus Cek Kesehatan dan Kelengkapan Berkendara

Liputan6.com, Bandung - Jelang Operasi Ketupat Lodaya 2023, Polresta Bandung mengimbau agar warga selalu tertib dalam berlalu-lintas (lalin) serta menggunakan kendaraan yang laik demi keselamatan bersama.

Tidak hanya pengendara pribadi, imbauan tersebut juga disampaikan kepada awak jasa angkutan umum. Selain harus tertib, mereka diminta untuk mengemudikan kendaraan dengan sadar dan penuh konsentrasi.

Hal tersebut disampaikan Kasat Lantas Polresta Bandung, Kompol Mangku Anom, dalam keterangannya, ditulis Liputan6.com di Bandung, Kamis (23/3/2023).

"Kami mengimbau awak angkutan umum untuk selalu tertib dalam berlalu lintas," katanya.

Anom menerangkan, Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polresta Bandung bersama Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung juga memasifkan Ramp Check di PO Bus yang berada di Kabupaten Bandung.

Kegiatan Ramp Check tersebut turut melibatkan jajaran Sat Narkoba Polresta Bandung serta Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung. Anom menegaskan, Ramp Check menyasar kendaraan angkutan umum.

"Ramp Check dalam rangka kesiapan pengamanan Operasi Ketupat Lodaya 2023," katanya.

Anom menambahkan, selain mengecek kondisi kendaraan angkutan umum, tim gabungan juga memeriksa kesehatan para sopir.

"Tujuan ini adalah untuk mengantisipasi dengan tingginya mobilitas masyarakat menjelang mudik ataupun lebaran masyarakat dapat terjamin keselamatannya sebagai pengguna jalan," ujarnya.

"Karena kendaraan yang sudah dicek akan laik jalan serta pengemudinya karena sudah dicek kesehatan dalam kondisi baik," sambungnya.

Petugas pun memeriksa administrasi kendaraan dan pengemudi meliputi buku kir, kartu pengawas izin operasional, SIM, STNK, dan KTP.

Selain itu juga melakukan pengecekan aspek teknis kelaikan kendaraan, baik utama (kondisi ban, penerangan, pengereman, kaca depan, sabuk keselamatan) maupun penunjang (pengukur kecepatan, spion, klakson dan lain-lain).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.