Sukses

Warga di 3 Negeri Leihitu Maluku Tengah Sudah Puasa Mulai Hari Ini Rabu 22 Maret 2023

Liputan6.com, Ambon - Warga muslim di tiga negeri, yaitu Negeri Kaitetu, Negeri Seith, dan Negeri Lima, di wilayah Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, sudah puasa mulai hari ini, Rabu (22/3/2023).

Raja Negeri Kaitetu M Armin Lumaela mengatakan, penetapan awal Ramadhan 1444 Hijriah di wilayahnya dilakukan menggunakan metode hisab rukyat.

Penghulu masjid dan tokoh agama di wilayahnya, kata Armin, sudah mengamati penampakan bulan sabit di ufuk barat dan menggunakan kalender falakiah kuno sebagai patokan dalam menetapkan awal Ramadhan.

"Kalender kuno itu sampai sekarang masih tersimpan di rumah raja," kata dia.

Dirinya juga

menambahkan, metode penetapan awal Ramadhan tersebut diterapkan secara turun temurun oleh leluhur warga negeri.

Sementara itu, Raja Negeri Seith Rivi Ramli Nukuhehe mengatakan bahwa penghulu Masjid Kota Husen Seith telah mengumumkan tanggal 1 Ramadhan 1444 Hijriah jatuh pada Rabu, 22 Maret 2023.

"Pengumuman itu disampaikan usai shalat Jumat terakhir di bulan Syaban, dan malam ini kami di Seith mulai tarawih untuk besok berpuasa," katanya.

Di Leihitu, ia menuturkan, warga Negeri Wakal biasanya memulai puasa Ramadhan lebih awal kemudian disusul oleh warga Kaitetu, Seith, dan Lima sehari setelahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 Negeri Lain Menyusul Besok

Tahun ini, warga Negeri Wakal memulai puasa Ramadhan pada Selasa dan tiga negeri lainnya menyusul besok.

"Pada umumnya penentuan tanggal 1 Ramadhan di negeri-negeri di Kecamatan Leihitu ini berdasarkan perhitungan hisab atau mengamati bulan sabit," kata Rivi.

Negeri-negeri lain di wilayah Kecamatan Leihitu seperti Hila, Hitu, dan Mamala akan melaksanakan puasa Ramadhan 1444 Hijriah pada Kamis, 23 Maret 2023.

Di tingkat nasional, Pimpinan Pusat Muhammadiyah sudah menetapkan tanggal 1 Ramadhan 1444 Hijriah bertepatan dengan tanggal 23 Maret 2023.

Sedangkan Kementerian Agama akan melaksanakan sidang isbat untuk menetapkan awal bulan Ramadhan 1444 Hijriah pada Rabu, 22 Maret 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini