Sukses

Taiwan Geber Promosi Perguruan Tinggi Terbaiknya di Indonesia, Ini Alasannya

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali dipercaya menjadi lokasi promosi kampus terbaik di Taiwan. Kementrian Pendidikan Taiwan memilih Indonesia dalam promosi ini karena memiliki alasan yang kuat. Apa itu?

Liputan6.com, Yogyakarta - Taiwan memilih Indonesia khususnya Yogyakarta menjadi tempat untuk promosi pendidikan perguruan tingginya melalui Education Division, Taipei Economic and Trade Office (TETO) dan Kementerian Pendidikan Taiwan dala Taiwan Higher Education Fair (THEF)  2023 pada Rabu (15/3) hingga Kamis (16/3) di gedung Sportorium UMY.

Gloria Liu, Education Division, Taipei Economic and Trade Office menyatakan fakta bahwa Indonesia adalah negara kedua terbesar pengirim mahasiswa. 

“Di Taiwan banyak sekali mahasiswa asing yang melakukan studi. Indonesia merupakan negara kedua terbesar sebagai pengirim mahasiswa untuk melakukan studinya. Saya berharap program pameran perguruan tinggi Taiwan ini mampu memberikan sebuah sudut pandang baru bagi mahasiswa ataupun siswa SMA di Jogja yang mungkin belum mengetahui Taiwan dengan segala perguruan tinggi terbaiknya,” paparnya beberapa waktu lalu.  

Sementara Ying Huei Chen, Kepala Urusan Internasional Asia University mengatakan Taiwan adalah salah satu negara di Asia yang memiliki banyak sekali perguruan tinggi terbaik dan ramah bagi mahasiswa. 

“Taiwan juga menjadi negara yang ramah bagi mahasiswa muslim dalam melanjutkan studinya. Universitas di Taiwan sudah memiliki musholla, kantin makanan halal dan juga toilet khusus bagi muslim, sehingga negara ini sangat cocok bagi mahasiswa muslim yang hendak melanjutkan studinya,” tegasnya.

Ia mengatakan Taiwan dalam THEF kali ini mengadirkan 35 perguruan tinggi dari Taiwan. THEF setiap tahunnya hanya diadakan di tiga kota di Indonesia yaitu Surabaya, Jakarta dan Yogyakarta yaitu di UMY.    

“Kami selalu siap untuk berkolaborasi dengan UMY dalam memajukan mutu pendidikan kedua perguruan tinggi ini,” ucap Ying. 

Rektor UMY, Gunawan Budiyanto, mengapresiasi pemerintah Taiwan yang telah memberikan kepercayaan kepada UMY dalam menyelenggarakan THEF. Menurutnya ini adalah ketiga kalinya UMY menjadi tuan rumah penyelenggaraan THEF. 

“Ini adalah suatu kehormatan bagi kami kembali dipercaya oleh Kementerian Pendidikan Taiwan, TETO, Asia University, dan universitas Taiwan lainnya untuk menyelenggarakan agenda yang sangat penting yaitu pameran perguruan tinggi terbesar Taiwan di Yogyakarta,” ungkap Gunawan.  

Gunawan yang juga Guru Besar UMY bidang Ilmu Tanah ini menyebutkan jika Taiwan adalah salah satu negara yang paling diinginkan mahasiswa menjadi tujuan study lanjutnya. Ia selalu mendorong mahasiswanya untuk melakukan studinya ke luar negeri melalui berbagai skema. 

"Setiap tahunnya kami mengirimkan lebih dari 100 mahasiswa ke berbagai universitas di penjuru dunia. Dari berbagai negara yang banyak diminati oleh mahasiswa kami, Taiwan adalah salah satu negara yang banyak diinginkan oleh mahasiswa kami untuk melanjutkan studi baik pertukaran mahasiswa, double degree ataupun program fast track,” sambungnya. 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.