Sukses

5 Objek Wisata di Yogyakarta yang Jadi Lokasi Favorit Tradisi Padusan Jelang Ramadan

Berikut lima lokasi yang sering dijadikan tempat padusan Yogyakarta yang sekaligus menjadi destinasi wisata

Liputan6.com, Yogyakarta - Menjelang Ramadan, masyarakat Jawa memiliki tradisi khusus yang diberi nama padusan. Padusan adalah tradisi membersihkan diri menjelang Ramadan dengan cara mandi atau berendam.

Kegiatan tersebut umumnya dilakukan di sumber mata air. Selain untuk membersihkan diri dari dosa, tradisi ini juga melambangkan upaya manusia dalam menjaga lingkungan alam.

Dahulu, tradisi padusan hanya dilakukan seorang diri dengan suasana sunyi. Namun, kini padusan dilakukan beramai-ramai di sebuah sumber mata air.

Salah satu daerah yang melakukan tradisi ini adalah Yogyakarta. Berikut lima lokasi yang sering dijadikan tempat padusan Yogyakarta yang sekaligus menjadi destinasi wisata:

1. Air Terjun Sri Gethuk

Menjalani tradisi padusan di air terjun juga bisa menjadi pilihan. Salah satu air terjun di Yogyakarta yang biasa dijadikan lokasi padusan adalah Air Terjun Sri Gethuk.

Destinasi ini berada di Bleberan, Playen, Gunungkidul.Terletak di tepi Sungai Oyo, pengunjung bisa menelusuri sungai dengan menggunakan rakit.

Sementara itu, ketinggian air terjun ini mencapai 50 meter dengan aliran yang cukup deras. Adapun tiga sumber mata air dari air terjun ini adalah Ngandong, Dong Poh, dan Ngumbul, yang sering dijadikan tempat melaksanakan tradisi Padusan.

2. Blue Lagoon

Blue Lagoon merupakan kolam alami berwarna biru eksotis.Tempat wisata Yogyakarta ini berlokasi di Widodomartani, Ngemplak, Sleman.

Tempat ini menjadi destinasi wisata sungai alami yang di sekitarnya terdapat pepohonan bambu yang asri. Blue Lagoon menonjolkan warna permukaan air kebiruan. Melangsungkan padusan di lokasi ini akan membuat betah karena pemandangannya yang indah.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jogja Bay

3. Jogja Bay

Jogja Bay atau Waterboom Jogja merupakan taman wisata air terbesar di Yogyakarta. Bahkan, juga menjadi salah satu wisata air terbesar di Asia Tenggara.

Berlokasi di Maguwoharjo, Depok, Sleman. tempat ini juga kerap dijadikan lokasi menggelar tradisi padusan. Biasanya, lokasi ini menjadi tempat padusan bersama keluarga atau orang-orang terdekat.

4. Pantai Baron

Pantai Baron merupakan salah sayu lokasi favorit untuk padusan di Yogyakarta. Pantai ini terletak di Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul.

Ombaknya tergolong cukup tenang, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir saat berendam. Tenangnya ombak tersebut disebabkan oleh dua bukit yang membatasinya.

5. Pantai Parangtritis

Padusan di Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, biasanya dihadiri hingga ribuan pengunjung. Kegiatan tersebut umumnya dimulai pukul 15.00-18.00.

Sayangnya, kegiatan padusan di Pantai Parangtritis kerap dianggap berbahaya karena ombak yang tinggi dan serangan ubur-ubur. Oleh karena itu, kegiatan padusan di sini sering kali dikawal oleh petugas keamanan.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.