Sukses

Memasuki Bulan Ramadan, Berikut Doa Ziarah Kubur dan Urutan Bacaan Doanya

Dalam beberapa hari lagi, puasa Ramadan di 2023 atau Ramadan 1444 Hijriah akan segera terlaksanakan. Ramadan menjadi bulan yang dinanti-nantikan oleh banyak sebagian orang terutama oleh umat muslim.

Liputan6.com, Jakarta - Mulai beberapa hari lagi, puasa Ramadan di 2023 atau Ramadan 1444 Hijriah akan segera terlaksanakan. Ramadan menjadi bulan yang dinanti-nantikan oleh banyak sebagian orang terutama oleh umat muslim.

Adapun dalam menyambut bulan Ramadan, masyarakat di Indonesia biasanya mempunyai tradisi yang sering dilakukan sebelum memasuki bulan puasa. Tradisi ini adalah melakukan ziarah kepada makam orang tua, keluarga, ataupun ulama sebelum memasuki bulan Ramadan.

Ketika melaksanakan ziarah kubur tersebut, ada beberapa doa ziarah kubur serta tata cara yang biasanya dilakukan. Pelaksanaan ziarah sendiri juga tradisi yang ada dalam hadis Nabi Muhammad SAW seperti dalam HR. Ahmad dan al Hakim.

"Dahulu saya melarang kalian berziarah kubur, tapi sekarang berziarahlah kalian, sesungguhnya ziarah kubur dapat melunakkan hati, menitikkan air mata, mengingatkan pada akhirat, dan janganlah kalian berkata buruk pada saat ziarah." (HR. Ahmad dan al Hakim).

Melaksanakan ziarah kubur dan memberikan doa sendiri menjadi salah satu keutamaan umat muslim. Pasalnya, hal ini menjadi pengingat kita sebagai manusia mengenai kematian sehingga bisa meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT.

Doa dan Urutan Ziarah Kubur

Adapun dalam melaksanakan ziarah kubur tentunya para peziarah memberikan doa serta ada beberapa urutan yang bisa dilakukannya. Berikut ini adalah doa termasuk urutannya:

1. Hal pertama ketika melaksanakan ziarah kubur adalah dengan mengucapkan salam terlebih dahulu, salam ini adalah salam yang khusus diucapkan ketika berziarah dan bisa mengucapkan salam berikut:

السَّلامُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنينَ وَأتاكُمْ ما تُوعَدُونَ غَداً مُؤَجَّلُونَ وَإنَّا إنْ شاءَ اللَّهُ بِكُمْ لاحقُونَ

(Assalamu’alaikum dara qaumin mu’minin wa atakum ma tu’adun ghadan mu’ajjalun, wa inna insya-Allahu bikum lahiqun)

Artinya: “Assalamualaikum, hai tempat bersemayam kaum mukmin. Telah datang kepada kalian janji Allah yang sempat ditangguhkan besok, dan kami Insya Allah akan menyusul kalian”

2. Selanjutnya peziarah bisa membaca istighfar ketika sampai di kuburan yang di ziarah

أَسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ اَلَّذِي لآ إِلَهَ إِلَّا هُوَ اْلحَيُّ اْلقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

(Astaghfirullah hal adzmin alladzi la ilaha illa huwal hayyul qoyyumu wa atubu ilaihi)

Artinya: “Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia yang maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya”

3. Setelah itu peziarah membacakan surah Al-Fatihah sebanyak tiga kali ketika berziarah

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَۙ

الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِۙ

مٰلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِۗ

اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُۗ

اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَۙ

صِرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ ەۙ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّاۤلِّيْنَ ࣖ

(Bismillahirrahmanirrahim Alhamdulillahi rabbil ‘alamin Ar Rahmaanirrahiim Maaliki yaumiddin Iyyaakana’budu wa iyyaaka nasta’iin ihdinash-shirraatal musthaqiim Shiraathal ladziina an’amta ‘alaihim ghairil maghduubi’alaihim waladh-dhaalliin)

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang Segala Puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam Yang Maha Pengasih, Lagi Maha Penyayang Pemilik hari pembalasan. Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus, jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya, bukan mereka yang dimurkai, dan bukan mereka yang sesat.”

4. Lalu membacakan surat Al-Ikhlas sebanyak tiga kali

قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ

اَللّٰهُ الصَّمَدُۚ

لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْۙ

وَلَمْ يَكُنْ لَّهٗ كُفُوًا اَحَدٌ ࣖ

(Qul huwallahu ahad, allahu somad, lam yalid wa lam yulad, wa lam yakul lahu kufuwan ahad)

Artinya: “Katakanlah, Dialah Yang Maha Esa. Allah adalah tuhan tempat bergantung oleh segala sesuatu. Dia tidak beranak dan tidak diperanakkan. Dan tidak ada seorang pun yang setara dengan-Nya”

5. Kemudian setelah itu membacakan surat Al-Falaq

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِۙ

مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَۙ

وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ اِذَا وَقَبَۙ

وَمِنْ شَرِّ النَّفّٰثٰتِ فِى الْعُقَدِۙ

وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ اِذَا حَسَدَ ࣖ

(Qul auudzu birobbil falaq. Min syarri maa kholaq. Wa min syarri ghoosiwin idzaa waqob. Wa min syarrin naffaatsaati fil ‘uqod. Wa min syarii haasidin idzaa hasad)

Artinya: “Aku berlindung kepada Tuhan Yang Menguasai waktu subuh dari kejahatan makhluk-Nya. Dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita. Dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus nafasnya pada buhul-buhul. Dan dari kejahatan orang-orang yang dengki apabila ia mendengki”

6. Setelah membaca Al-Falaq dilanjutkan dengan membaca surat An-Nas

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِۙ

مَلِكِ النَّاسِۙ

اِلٰهِ النَّاسِۙ

مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ ەۙ الْخَنَّاسِۖ

الَّذِيْ يُوَسْوِسُ فِيْ صُدُوْرِ النَّاسِۙ

مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ ࣖ

(Qul auudzu birobbinnaas. Malikin naas. Ilaahin naas. Min syarril waswaasil khonnaas. Alladzi yuwaswisu fil shuduurin naas, minal jinnati wan naas)

Artinya: “Aku berlindung kepada Tuhan manusia, raja manusia. Sesembahan manusia, jadi kejahatan bisikan setan yang biasa bersembunyi. Yang membisikan kejahatan ke dalam dada manusia. Dari setan dan manusia”

7. Lanjut dibaca dengan membaca ayat kursi

8. Setelah itu bacaan dilanjut juga dengan membaca surah yasin

9. Kemudian membaca tahlil, zikir, dan salawat

10. Adapun peziarah bisa membacakan doa ziarah kubur

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الذُّنُوبِ والْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنَ

الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّار, وَافْسَحْ لَهُ فِي قَبْرِهِ، ونَوِّرْ لَهُ فِيهِ

(Allahummaghfìrlahu war hamhu wa 'aafìhìì wa'fu anhu, wa akrìm nuzuulahu wawassì' madholahu, waghsìlhu bìl maa'ì watssaljì walbaradì, wa naqqìhì, mìnaddzzunubì wal khathaya kamaa yunaqqatssaubul abyadhu mìnad danasì.

Wabdìlhu daaran khaìran mìn daarìhì wa zaujan khaìran mìn zaujìhì. Wa adkhìlhul jannata wa aìdzhu mìn adzabìl qabrì wa mìn adzabìnnaarì wafsah lahu fì qabrìhì wa nawwìr lahu fìhì)

Artinya: “Ya Allah, berilah ampunan dan rahmat kepadanya. Berikanlah keselamatan dan berikanlah maaf kepadanya. Berikanlah kehormatan untuknya, luaskanlah tempat masuknya. Mandikanlah dia dengan air, es, dan embun. Bersihkanlah dia dari kesalahan sebagaimana Engkau bersihkan baju yang putih dari kotoran.”

“Gantikanlah untuknya rumah yang lebih baik dari rumahnya, isteri yang lebih baik dari isterinya. Masukkanlah dia ke dalam surga, berikanlah perlindungan kepadanya dari azab kubur dan azab neraka. Lapangkanlah baginya dalam kuburnya dan terangilah dia di dalamnya” (HR Muslim)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.