Sukses

Cara Sekolah Vokasi Undip Membantu Masyarakat di Bidang Perpajakan

Membayar pajak merupakan bukti nyata cinta tanah air dan negara.

Liputan6.com, Semarang - Sorot mata masyarakat Indonesia masih terfokus pada dunia perpajakan dan pengelolaannya. Meskipun demikian, membayar pajak adalah bentuk nasionalisme yang sesungguhnya. Jika terdapat penyimpangan dalam pengelolaan oleh oknum, tak berarti mementahkan bukti bahwa membayar pajak adalah ekspresi nasionalisme. 

Dekan Sekolah Vokasi Undip, Prof Dr Ir Budiyono MSi menyebutkan bahwa peran pajak bagi perkembangan sebuah negara sangatlah besar dan vital. Hal itu disampaikan dalam Opening Ceremony dan Pelaksanaan Layanan Perdana Pengisian e-SPT Relawan Pajak Undip Tahun 2023 di Aula Lantai 4 Gedung Sekolah Vokasi Undip, Selasa (14/03/2023).

"Harus diakui ada masyarakat yang sebenarnya sangat patuh, tapi mengalami kesulitan teknis. Karenanya Sekolah Vokasi Undip membuka layanan bagi mereka yang membutuhkan bantuan mengisi e-SPT," kata Budiyono.

Menurutnya pendampingan pengisian SPT akan menjadi pengalaman dan portofolio bagi mahasiswa. Selain itu juga membantu pemerintah setidaknya dalam sosialisasi pajak kepada masyarakat.

.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jam Layanan

Ikut hadir dalam opening ceremony, Wakil Dekan II Sekolah Vokasi Undip, Dr Eng Vita Paramita ST MM Meng, Manager Tata Usaha, para Supervisor, para Ketua Departemen, para Kaprodi dan seluruh dosen.

Sementara itu Ketua Program Studi Sarjana Terapan Akuntansi Perpajakan Sekolah Vokasi Undip, Drs Dul Muid MSi Akt, menambahkan pendampingan pengisian SPT sangat bermanfaat bagi masyarakat.

"Layanan pembantuan pengisian SPT dibuka setiap hari kerja mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Jangan khawatir ada 70 mahasiswa Sekolah Vokasi yang ditugaskan untuk melayani masyarakat termasuk civitas akademika serta pelaku usaha UMKM yang membutuhkan bantuan dalam pengisian e-SPT," kata Dul Muid.

Pelayanan e-SPT SV Undip dibuka di dua lokasi, yang pertama di Aula Lantai 4 Gedung Sekolah Vokasi Undip Tembalang; kedua di Kantor Innovative Business Center (IBC) Kampus Undip Pleburan. Semua wajib pajak yang memerlukan bantuan pengisian bisa langsung datang ke lokasi.

Dul Muid menambahkan layanan bantuan pengisian SPT SV Undip ini memasuki tahun ke-3. Program ini awalnya hanya melayani dosen dan tendik tapi tahun ini dibuka untuk pengusaha dan pelaku UMKM. Muid berpesan agar para mahasiswa yang bertugas jeli dan teliti dalam pengisian SPT dan memastikan kebenarannya sebelum di-upload.

"Jangan sampai ada masalah soal SPT di kemudian hari,” tukasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini