Sukses

Pesona Tangkahan Sumatra Utara, Pengalaman Seru Bermain Bersama Gajah Liar

Kawasan Tangkahan dijuluki sebagai The Hidden Paradise karena keindahan dan keunikannya.

Liputan6.com, Medan - Kawasan wisata Tangkahan merupakan ekowisata yang terletak di Kecamatan Batang Serangan, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara. Kawasan wisata yang ini berada di dalam Taman Nasional Gunung Leuser.

Tepatnya, berada di antara Desa Namo Sialang dan Desa Sei Serdang. Kawasan Tangkahan dijuluki sebagai The Hidden Paradise karena keindahan dan keunikannya.

Tangkahan menawarkan kegiatan ekowisata tak terlupakan. Ditambah wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang menakjubkan, udara segar, dan berbagai aktivitas wisata menarik yang dapat dilakukan.

Kegiatan wisata paling favorit di tempat ini adalah bermain bersama gajah liar yang menjadi ikon Tangkahan. Wisatawan dapat mencoba memberi makan gajah, memandikan gajah, hingga bermain bersama hewan bertubuh besar ini.

Wisatawan juga dapat berjalan-jalan menikmati hutan tropis yang menjadi habitat berbagai satwa liar. Wisatawan dapat melakukan trekking di area hutan dengan jalur menantang dan tentunya menguras tenaga.

Namun, sepanjang perjalanan wisatawan dapat melihat langsung kehidupan flora dan fauna yang hidup di Tangkahan. Kawasan ekowisata Tangkahan terletak di pertemuan antara dua sungai yaitu Sungai Buluh dan Sungai Batang Serangan yang mengalir ke hilir dan akan bertemu Sungai Musam.

Tentunya wisatawan juga dapat menikmati rekreasi di sungai, mulai dari sekadar bermain air dan menikmati pemandangan alam. Bagi wisatawan yang menyukai wisata adrenalin dapat menyusuri sungai dengan cara river tubing dengan pemandangan hutan, tebing, dan bebatuan di sepanjang sungai.

Kegiatan rekreasi lain yang dapat dilakukan di Tangkahan adalah mengunjungi air terjun di dekat pertemuan Sungai Buluh dan Sungai Batang Serangan. Akses menuju air terjun pun tidak terlalu sulit, wisatawan tinggal berjalan sekitar 100 meter untuk sampai di sana.

Kemudian, ada juga air terjun yang lebih besar, tetapi untuk sampai di sana wisatawan perlu berenang di sungai terlebih dahulu. Ada pula jembatan gantung yang terkenal di Tangkahan yang membentang sejauh 50 meter dengan tinggi 50 meter di atas sungai.

Wisatawan melewati jembatan gantung ini untuk berfoto-foto atau sekadar menikmati pemandangan sungai dan hutan di sekitarnya. Wisatawan dapat menikmati wisata di Tnagkahan dengan berbagai cara.

Salah satunya menggunakan paket wisata yang ditawarkan pengelola. Ada sejumlah paket wisata Sumatra Utara ini yang ditawarkan mulai perjalanan satu hari, dua hari menginap satu hari(2D1N), atau tiga hari menginap dua hari (3D2N).

Harga paket wisata Tangkahan juga dibanderol cukup terjangkau, mulai dari Rp 550.000 per orangnya. Informasi lebih lengkap mengenai paket wisata Tangkahan dapat dilihat dari laman Instagram resminya @tangkahan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.