Sukses

Dukung Kesetaraan, Inilah Peran Penting Perempuan pada Industri Energi

Perempuan memiliki peran penting salah satunya di bidang industri energi. Hal itu diungkapkan oleh Direktur Utama PT Kideco Jaya Agung (Kideco), Mohammad Kurnia Ariawan. Menurutnya, Dperempuan bagian dari para pekerja yang mampu membangun komunikasi baik, multi-tasking, kreatif, dan fokus pada detail.

Liputan6.com, Jakarta Perempuan memiliki peran penting salah satunya di bidang industri energi. Hal itu diungkapkan oleh Direktur Utama PT Kideco Jaya Agung (Kideco), Mohammad Kurnia Ariawan. Menurutnya, Dperempuan bagian dari para pekerja yang mampu membangun komunikasi baik, multi-tasking, kreatif, dan fokus pada detail.

“Perempuan memiliki potensi dan kemampuan untuk berkontribusi dan turut berkarya dalam pembangunan bangsa Indonesia," ujar Mohammad Kurnia Ariawan, pada acara International Women’s Day (IWD) 2023 di Jakarta, (8/3/2023).

Mohammad Kurnia Ariawan menambahkan bahwa Kideco telah mencapai proporsi karyawan perempuan sebanyak 15% di tahun 2022. Di Kideco saat ini terdapat 112 orang pekerja perempuan. Sebagian besarnya, yakni sebanyak 84 orang perempuan bekerja di lokasi tambang. Sisanya sebanyak 28 orang bekerja di kantor pusat Kideco di Jakarta.

Kideco sendiri merupakan perusahaan energi terintegrasi PT Indika Energy Tbk, yang fokus meningkatkan jumlah pekerja perempuan. Hal itu sejalan dengan Kideco new objective ESG target untuk tahun 2023 – 2025 pada aspek kesetaraan gender.

"Dengan semakin banyaknya perempuan yang bekerja di industri tambang, Kideco menyadari dengan adanya karyawan perempuan sebagai bagian dari para pekerja yang ada, mereka mampu membangun komunikasi yang baik, multi-tasking, peningkatan kreativitas, serta meningkatkan fokus pada detail pekerjaan," kata Mohammad Kurnia Ariawan.

Tema internasional IWD kali ini adalah 'Innovation and technology for gender equality.' Maka dari itu Kideco menempatkan perempuan sebagai bagian penting dalam proses bisnis perusahaan dan memberikan kesempatan untuk menempati posisi strategis sesuai dengan talenta serta kebutuhan yang ada di dalam perusahaan.

Program pemberdayaan perempuan di Kideco difokuskan ke dalam tiga kategori utama, yakni penguatan perempuan di tempat kerja, loka pasar yang bekerja sama dengan istri karyawan Kideco, serta penguatan perempuan di komunitas yang bekerja sama dengan masyarakat.

"Karyawan perempuan juga dikembangkan tingkat kompetensinya dan didorong untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan. Kideco meyakini keberagaman adalah aset yang penting dalam memperkuat organisasi," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.