Sukses

3 TNI Ditembaki Saat Patroli Motor di Yahukimo, Satu Prajurit Gugur

Prajurit TNI ditembaki saat patroli motor di Jalan Paradiso Dekai, Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan.

Liputan6.com, Jayapura - Tiga prajurit TNI yang bertugas di Kodim 1715/Yahukimo ditembak kelompok separatis teroris (KST) Papua. Satu di antara korban meninggal dunia atas nama Pratu LW yang tertembak pada bagian dada kiri tembus belakang. 

Sedangkan, dua prajurit TNI lainnya berinisial Pratu NS kena luka tembak pada bagian pantat kanan. Lalu, Sertu RS kena luka tembak pada bagian paha kanan.

"Kondisi dua korban penembakan dalam kondisi sadar dan ditangani tim medis di RSUD Yahukimo, Sementara korban LW disemayamkan di rumah sakit yang sama," jelas Kapendam XVII/Cenderawasih, Kolonel Kav Herman Taryaman, Rabu (01/03/2023). 

Ketiga prajurit ditembak saat patroli motor di Km 4 Jalan Paradiso Distrik Dekai Kabupaten Yahukimo, Rabu (1/3/2023) pukul 15.30 WIT.

"Hingga pukul 16.20 WIT, gerombolan KST masih melakukan penembakan dan terjadi kontak tembak," Herman menjelaskan.

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kronologi

Kronologi yang diterima Liputan6.com menjelaskan pukul 16.00 WIT, Kodim Yahukimo melaksanakan patroli motor mengarah ke Paradiso Bawah melewati Kantor Statistik. Setibanya di ujung jalan, tim patroli berbalik arah menuju kota dan terbagi menjadi 2 regu yang masing-masing regu terdiri dari 8 motor dengan jumlah seluruhnya 16 personel. 

Regu pertama dan regu kedua terpisah dengan jarak 300 meter, di mana regu pertama berada di bagian depan. Tiba-tiba regu pertama diadang dan ditembaki dari samping kiri jalan oleh KST. 

Lalu, regu kedua tiba di lokasi penembakan dan langsung melakukan tembakan ke arah para pelaku. Para Pelaku kemudian melarikan diri ke arah hutan. 

Pukul 16.20 WIT, mobil patroli kodim tiba di lokasi kejadian untuk evakuasi korban. Informasi yang diterima Liputan6.com menyebutkan Dandim 1715 Yahukimo, Letkol inf Johanis Victorianus Tethool juga tertembak dalam kejadian ini. Kaki dan jari kiri kena tembak, serta mobil dinas dandim mengalami kerusakan pecah kaca depan dan samping kiri. Saat ini seluruh korban berada di RSUD Dekai Yahukimo.

Hingga berita ini diturunkan belum ada keterangan resmi terkait Dandim Yahukimo ditembak KST. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.