Sukses

Jalan Sehat Ceria Tutup Rangkaian Perayaan Hari Jadi ke-210 Garut

Ayo kita laksanakan nanti yang dipinggir-pinggir nanti Dinas LH dibantu oleh tim kuning atau tim penyapu kuning akan melaksanakan ini.

Liputan6.com, Garut Ribuan orang masyarakat Garut, Jawa Barat asyik mengikuti jalan sehat ceria dalam rangkaian puncak perayaan Hari Jadi Garut (HJG) tahun ini di Lapangan Otista Alun-alun, Garut.

Menggunakan rute Jalan Ahmad Yani, Jalan Cimanuk, Jalan Gordah, Jalan Pembangunan, Jalan RSU, Jalan Cimanuk, Jalan Kabupaten, dengan finish di Alun-Alun Garut, mereka yang berasal dari ASN Pemda Garut, hingga masyarakat umum nampak tumpah ruah menikmati kebersamaan.

“Kita laksanakan jalan santai tapi kita ada program untuk memungut sampah,” ujar Bupati Garut Rudy Gunawan.

Kegiatan yang memperebutkan hadiah utama umroh, beberapa sepeda motor serta hadiah menarik lainnya itu, bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), sehingga memiliki makna berbeda.

Menggunakan stelan baju olahraga, ribuan peserta dengan penuh ceria tak sungkan memunguti sampah sambil berolahraga jalan sehat bersama.

“Ayo kita laksanakan nanti yang dipinggir-pinggir nanti Dinas LH dibantu oleh tim kuning atau tim penyapu kuning akan melaksanakan ini,” ujarnya.

Ketua Pelaksana juga Staf Ahli Bupati bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan, Yatie Rohayati, menyatakan meskipun diisi dengan kegiatan memungut sampah, namun kegiatan jalan sehat tetap menyuguhkan kegembiraan, prestasi, dan empati.

Total ad 17 ribu tiket yang disebar kepada seluruh perangkat daerah untuk dibagikan juga ke masyarakat secara gratis tersebut.

“Terimakasih sekali kami sebagai panitia menghaturkan terimakasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang sudah berkontribusi,” kata dia.

Untuk hadiah utama paket umroh, tiket berhasil disabet Diswara Nugraha, pegawai Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Laboratorium Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Garut.

“Awalnya hanya sekedar hirauan, main-main pengen berangkat umroh, Alhamdulillah dapet hadiah ini (tiket umroh),” kata dia bangga.

Rangkaian HJG 2023 tahun ini dilaksanakan hampir dua pekan, dimulai acara upacara HJG di Lapangan Otista Alun-alun Garut, kemudian lomba nyanyi tembang Sunda antar SKPD, deville karnaval batik Garutan, festival 1000 Nasi liwet di jalan Ahmad Yani, gowes barang Kapolres hingga jalan sehat ceria.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.