Sukses

5 Fakta Menarik Brekecek, Makanan Khas Cilacap Murah Meriah

Berikut fakta menarik brekecek pathak jahan

Liputan6.com, Cilacap - Brekecek pathak jahan merupakan salah satu makanan khas Cilacap, Jawa Tengah (Jateng). Makanan unik ini merupakan olahan ikan yang sudah cukup populer di kalangan wisatawan.

Rasanya tak lengkap apabila mengunjungi Cilacap tanpa mencicipi kuliner Cilacap yang satu ini. Berikut fakta menarik brekecek pathak jahan, yang dikutip dari laman jatengprov.go.id.

1. Olahan Kepala Ikan

Brekecek pathak jahan adalah kuliner berbahan kepala ikan. Makanan khas Cilacap ini memiliki kuah berwarna merah pedas.

Kuah brekecek dibuat dari bumbu dan rempah-rempah yang dihaluskan dan dimasak lama bersama kepala ikan. Makanan khas Cilacap ini sering disebut mirip rica-rica.

Namun brekecek pathak jahan memiliki kenikmatan tersendiri terutama saat menyeruput kuah yang cenderung pedas berpadu dengan kepala ikan yang gurih.

2. Arti Nama Brekecek Pathak Jahan

Nama brekecek diambil dari kata 'brek' yang berarti dijatuhkan dan 'kecek' yang artinya dicampur. Hal ini diambil dari proses membuat brekecek yang dimulai dengan menjatuhkan dan mencampurkan kepala ikan dalam kuah berbumbu.

Kata 'pathak' berarti kepala, menjukan makanan khas Cilacap ini menggunakan bagian kepala ikan saja untuk dimasak. Sedangkan nama 'jahan' diambil dari jenis ikan jahan yang jadi bahan utama masakan khas Cilacap ini.

Hanya kepala ikan yang digunakan untuk membuat makanan khas ini. Sedangkan bagian badannya dimanfaatkan sebagai bahan ikan asin jambal sebagai oleh-oleh khas Cilacap.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanpa Digoreng

3. Tanpa Digoreng

Keunikan lainnnya dari olahan ikan brekecek adalah kepala ikan yang digunakan bisa dimasak langsung tanpa perlu digoreng dulu. Setelah bumbu seperti bawang, ketumbar, merica, kemiri dan cabai sampai harum.

Kemudian tuangkan air ke dalamnya dan kepala ikan bisa langsung dimasukkan. Setelah mendidih, tambahkan juga bumbu aromatik seperti serai, lengkuas, daun jeruk, tomat, dan belimbing wuluh agar rasanya lebih sedap.

4. Dapat Menggunakan Ikan Jenis Lain

Meski yang biasa digunakan adalah kepala ikan jahan, namun brekecek bisa dikombinasikan menggunakan ikan jenis apapun. Kebanyakan jenis ikan lautlah yang digunakan masyarakat Cilacap untuk membuat sup ikan berkuah ini.

Kini tak hanya ikan laut saja yang dapat diolah brekecek. Namun juga daging ayam dan entok juga lezat bila dimasak brekecek.

5. Makanan Khas Cilacap yang Murah Meriah

Brekecek pathak jahan dijual dengan harga yang terjangkau. Harga satu porsi brekecek pathak jahan berkisar Rp22.000-30.000, sudah termasuk nasi dan sayur tauge.

Tak heran bila hidangan ini laris manis diburu wisatawan maupun masyarakat sekitar. Salah satu penjual brekecek pathak jahan yang legendaris adalah Warung Bu Widi.

Warung Ibu Widi berlokasi di Jalan Slamet nomor 5, Sidanegara, Kecamatan Cilacap Tengah. Kepala ikan di warung ini mempunyai cita rasa pedas dengan bumbu yang meresap sampai ke dalam.

Kepala ikan dimasak lebih lama agar empuk dan dagingnya mudah terlepas. Cukup menyiapkan uang Rp 25.000, sepiring makanan khas Cilacap ini yang sedap siap disantap.

Warung Bu Widi buka setiap hari, mulai pukul 10.00 - 19.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.