Sukses

Punya Penyakit Ini? Sebaiknya Hindari Konsumsi Kacang Hijau

Dengan segudang kandungan dan manfaatnya, banyak orang dianjurkan mengonsumsi kacang hijau secara rutin. Namun di samping itu, terdapat beberapa kelompok orang yang tidak boleh makan kacang hijau.

Liputan6.com, Jakarta - Kacang hijau memang menjadi pilihan makanan sehat berkat kandungan nutrisi-kondnya. Namun, makanan ini juga bisa berbahaya, terutama jika dimakan oleh orang tertentu.

Kandungan kacang hijau diketahui dapat bermanfaat untuk kesehatan. Mulai dari kesehatan kulit, kesehatan pencernaan, jantung, dan masih banyak lagi.

Dengan segudang kandungan dan manfaatnya, tidak heran jika banyak orang dianjurkan untuk mengonsumsi kacang hijau secara rutin. Namun di samping itu, terdapat beberapa kelompok orang yang tidak boleh makan kacang hijau.

Hal itu disebabkan oleh kondisi medis yang membuat mereka kesulitan mencerna kacang hijau.

Berikut adalah orang-orang yang sebaiknya tidak mengonsumsi kacang hijau, seperti dilansir dari berbagai sumber.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Orang-orang yang Tidak Boleh Makan Kacang Hijau

1. Pasien Celiac

Celiac atau celiac disease (juga dikenal sebagai sprue non-tropik atau penyakit koeliak) adalah kondisi autoimun yang mempengaruhi saluran pencernaan. Orang yang menderita celiac disease mengalami reaksi sistem kekebalan tubuh yang salah terhadap gluten, protein yang terdapat pada biji-bijian seperti gandum, jelai, dan gandum hitam.

2. Pasien Radang Usus

Radang usus (inflammatory bowel disease/IBD) adalah kelompok kondisi yang menyebabkan peradangan kronis pada usus atau saluran pencernaan. Dua bentuk utama dari IBD adalah penyakit Crohn dan kolitis ulserativa. Kedua kondisi ini memiliki gejala yang serupa seperti diare, perut kembung, sakit perut, penurunan berat badan, dan kelelahan.

Orang yang mengalami radang usus mungkin akan mengalami gangguan pencernaan setelah mengonsumsi kacang hijau. 

Itu dia orang-orang yang tidak dianjurkan mengonsumsi kacang hijau. Meski sehat, ternyata kacang hijau juga tidak baik dikonsumsi oleh semua orang, ya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.