Sukses

Eloknya Pemandangan Gunung Kawi yang Magis dan Mistis

Sampai sekarang, ada beberapa macam peziarah yang datang ke kawasan makam di lereng Gunung Kawi Jawa Timur itu.

Liputan6.com, Malang - Gunung Kawi menjadi salah satu spot pendakian favorit untuk melihat gagahnya Mahameru dari sisi lain. Meski tak sepopuler Gunung Semeru atau Arjuna, Gunung Kawi memiliki daya tarik tersendiri.

Terlebih, gunung terkenal ini memiliki pesarean atau tempat pemakaman yang dikeramatkan masyarakat setempat. Makam tersebut milik Kanjeng Kyai Zakaria II yang wafat 22 Januari 1871 dan Raden Mas Imam Soedjono yang wafat pada 8 Februari 1876.

Pasarean tersebut berada di lereng Gunung Kawi. Tepatnya di tataran Bhuwarloka atau lereng tengah gunung. Dikutip dari jurnal berjudul "Mistisme Islam-Jawa Dalam Ritual Haul RM Imam Soedjono di Pesarean Gunung Kawi" (2021) oleh Dwi Sulistyowati, di makam inilah kerap digelar ritual Haul RM Imam Soedjono.

Ritual Haul RM Iman Soedjono mencerminkan adanya mistisisme Islam-Jawa. Doa-doa yang dilantunkan menggunakan bahasa Jawa dan membaca Yasin maupun tahlil sebagaimana ajaran Islam dalam mendoakan orang yang sudah meninggal.

Tujuannya, untuk mengenang almarhum dan memberikan penghormatan kepada arwah leluhur. Selain itu, kesenian tradisional karawitan dan campursari juga digelar dalam ritual ini.

Nilai-nilai spiritual dan laku kejawen masih kental dan mengandung mitos maupun makna simbolik. Sampai sekarang, ada beberapa macam peziarah yang datang ke kawasan makam di lereng Gunung Kawi Jawa Timur itu.

Ada yang datang seorang diri, bersama keluarga, atau malah datang secara rombongan dengan jumlah besar. Tujuan mereka juga berbeda-beda, ada yang khusus berdoa mengharap keberkahan, ada juga yang sekadar wisata.

Bahkan, Gunung Kawi juga dijadikan tempat untuk meminta kekayaan secara instan. Meski terkenal dengan beragam cerita mistis, pesona pemandangan alam Gunung Kawi tak bisa dilewatkan.

Gunung setinggi 2.551 mdpl ini punya daya tarik yang mungkin tidak dimiliki gunung lain. Selain menyajikan pemandangan alam yang menarik, wisata Gunung Kawi juga menyediakan beragam fasilitas yang bisa dicoba bagi para wisatawan.

Mulai dari aktivitas berkebun, area camping, hingga area outbound dengan beragam wahana seru dan menantang. Bukan hanya itu, tempat wisata ini juga menyajikan berbagai spot foto menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Wisata Gunung Kawi dapat dikunjungi wisatawan setiap hari, mulai pukul 08.00-17.00 WIB. Harga tiket masuk tempat wisata ini dibanderol mulai dari Rp20.000.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.