Sukses

Nunung Didiagnosis Idap Kanker Payudara, Berikut Gejala Kanker Payudara yang Harus Diketahui!

Komedian Nunung dikabarkan dihadapi oleh sebuah kabar buruk yaitu kabar mengenai dirinya yang didiagnosis menderita kanker payudara. Hal tersebut tentunya sangat mengejutkan banyak pihak terutama di balik keceriaan yang sering ditampilkan di televisi.

Liputan6.com, Bandung - Komedian Nunung dikabarkan dihadapi oleh sebuah kabar buruk yaitu kabar mengenai dirinya yang didiagnosis menderita kanker payudara. Hal tersebut tentunya sangat mengejutkan banyak pihak terutama di balik keceriaan yang sering ditampilkan di televisi.

Adapun diketahui awal mula Nunung menceritakan kabar kurang mengenakkan tersebut ketika ia tengah memeriksakan riwayat penyakit yang sebelumnya sudah lama ia idap. Sehingga, ia rutin memeriksa cek darah setiap bulannya sampai akhirnya Nunung dikabarkan mengidap kanker payudara.

“Sebelumnya didiagnosa dokter saya itu memang sudah ada riwayat penyakit ya, yang mungkin selama ini saya juga enggak saya ceritakan. Kayak ini nanti harus saya cek setiap bulan. Nah tiba-tiba, ada sakit baru yang didiagnosa, ada kanker payudara,” kata Nunung di kanal YouTube MOP Channel.

Nunung juga menceritakan jika dalam anggota keluarganya, ia bukan orang pertama yang menderita penyakit kanker. Pasalnya kakaknya juga menderita penyakit yang sama dan sudah menjalani operasi satu.

Sang komedian pun harus bisa menerima kondisi tersebut dan mengatakan bahwa dirinya ingin lebih fokus pada dirinya sendiri. Serta meyakini dirinya untuk bisa kuat dalam menjalani cobaan tersebut meskipun belum bisa menerimanya.

“Saya sih bukan enggak menerima, saya sih pasrah. Saya yakin Tuhan akan memberikan yang terbaik buat saya. Walaupun seberat apapun ujian ini, tapi satu saya enggak boleh marah. Saya harus terima semuanya,” ujarnya mengutip dari Merdeka.com

Tentunya Nunung juga berharap untuk bisa pulih dan segera sembuh terutama untuk terlepas dari kanker tersebut. Ia akan terus menjalani cek rutin dan juga fokus pada dirinya terutama dalam pengobatannya.

Gejala Kanker Payudara

Perlu diketahui kanker payudara merupakan sebuah jenis kanker yang menyerang organ payudara. Sel yang ada dalam payudara tersebut membelah kemudian tumbuh diluar kendali dan penyakit kanker ini adalah jenis kanker yang paling banyak diderita oleh masyarakat khususnya wanita.

Namun, tidak menutup kemungkinan pria juga dapat terserang kanker payudara dan masih memungkinkan. Ada beberapa gejala dari kanker payudara yang harus diperhatikan seperti berikut ini:

1. Adanya benjolan

Gejala pertama biasanya adanya benjolan pada payudara dan gejala tersebut adalah gejala umum yang harus diwaspadai. Meskipun tidak semua benjolan adalah kanker payudara tetapi jika tiba-tiba ada maka harus diwaspadai dan segera periksakan lebih cepat lebih baik.

2. Tekstur yang berubah

Gejala lainnya adalah ada perubahan pada tekstur payudara penderita dimana kamu harus memeriksa apakah payudaramu mengalami perubahan bentuk atau tidak.

3. Ada benjolan di bagian ketiak

Benjolan pada bagian ketiak juga perlu diperhatikan karena gejala tersebut adalah gejala paling terlihat dan salah satu gejala kanker yang paling umum. Jika merasa ada benjolan pada bawah ketiak maka disarankan kamu untuk segera memeriksakannya ke dokter.

4. Terjadi perubahan warna

Warna yang tiba-tiba berubah pada payudara juga merupakan gejala lain dari kanker payudara yang harus diperhatikan. Dimana adanya perubahan warna daripada biasanya dan kamu bisa memeriksanya melalui depan cermin.

5. Keluar sebuah cairan kuning

Gejala lainnya adalah ada cairan kuning yang tiba-tiba keluar dari puting jika ditekan, cairan tersebut seperti nanah maka dari itu kamu bisa memeriksanya secara perlahan dengan cara menekan puting secara lembut dan periksa ada keluar cairan atau tidak.

6. Ada lesung di payudara

Jika tidak ada benjolan ciri lain dari kanker payudara adalah adanya lesung atau cekungan seperti lesung pipi pada bagian payudara. Hal tersebut adalah salah satu indikasi kanker payudara maka harus diperiksa melalui usg

7. Bentuk puting yang berubah

Ciri lainnya adalah bentuk puting yang tiba-tiba berubah pada payudara seperti misalnya ada rasa gatal dan terbakar pada puting. Bentuk puting yang berubah juga seperti tertarik kedalam payudara.

8. Keluar sebuah darah dari puting

Ciri lainnya dari kanker payudara selain cairan kuning adalah keluarnya cairan darah dari puting. Hal tersebut adalah salah satu gejala kanker yang tidak normal terutama apabila tidak dalam kondisi hamil ataupun menyusui.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.