Sukses

5 Rekomendasi Kuliner Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta 2023 yang Pantang Dilewatkan

Berikut rekomendasi kuliner Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta 2023 yang pantang dilewatkan.

Liputan6.com, Yogyakarta - Jogja Chinese Art and Culture Center (JCACC) kembali menggelar Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY) 2023. Kegiatan tahunan ini akan digelar secara luring setelah sebelumnya sempat digelar secara daring selama pandemi.

PBTY menjadi salah satu ajang untuk mengenalkan budaya Tionghoa kepada masyatakat luas. Tak hanya itu, PBTY XVIII dapat menjadi alternatif tempat wisata kuliner.

Berikut rekomendasi kuliner PBTY 2023 yang pantang dilewatkan.

1. Lontong Cap Gomeh

Lontong Cap Gomeh menjadi salah satu sajian Imlek yang tak boleh di lewatkan. Ada beberapa stand makanan yang menjajakan sajian khas imlek ini di PBTY 2023.

Lontong yang disajikan sebagai makanan perayaan Cap Go Meh ini dibungkus dengan daun pisang dan memiliki bentuk yang panjang. Bentuk tersebut dianggap sebagai simbol panjang umur.

Isian dalam sepiring lontong Cap Go Meh ini tidak berbeda dengan sajian lontong pada umumnya, yakni terdapat sayur lodeh, opor ayam, sambal goring ati, telur pindang, bubuk koya, kerupuk, dan sambal.

Harga seporsi rekomendasi kuliner di PBTY 2023 ni dibanderol mulai dari Rp25.000.

2. Wedang Kacang

Wedang kacang juga menjadi salah satu rekomendasi kuliner di PBTY 2023 yang cukup diburu pengunjung. Sesuai dengan namanya, minuman hangat ini memang menggunakan kacang sebagai bahan utamanya.

Wedang kacang ini disajikan dalam mangkuk bersama dengan ketan. Wedang kacang memiliki cita rasa manis gurih yang khas.

Para pecinta kuliner yang mengunjungi PBTY 2023 juga dapat memesan wedang kacang yang diberi tambahan ketan dan durian. Rekomendasi Kuliner di PBTY 2023 ini cocok dinikmati kala hujan mengguyur Yogyakarta.

Seporsi wedang kacang dan wedang kacang ketan durian dibanderol mulai dari Rp15.000.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Choipan

3. Choipan

Choipan merupakan kue gurih berisi sayuran. Choipan dikatakan mirip pangsit sebab sama-sama berkulit dan mempunyai isian.

Kulit choipan memiliki tekstur kenyal karena terbuat dari campuran tepung beras dan tepung kanji. Adonan kulit kemudian dipipihkan dan dikukus.

Sementara untuk isiannya terdiri dari campuran bengkoang serut dan ebi, ada pula yang diisi dengan pepaya muda serut. Sebagai cocolan, choipan disajikan dengan sambal bawang putih yang pedas. Seporsi choipan dibanderol muali dari Rp25.000.

4. Aneka Bacang

Bacang menjadi salah satu rekomendasi kuliner di PBTY 2023 yang cukup populer. Bacang berbentuk segitiga atau lebih tepatnya limas segitiga. Bacang terbuat dari beras yang didalamnya berisi isian, lalu dikukus. pengunjung PBTY dapat menemukan aneka bacang yang dijajakan, mulai dari isian ayam, telur asin, hingga daging babi.

Kuliner ini dibungkus dengan daun bambu yang diikat dengan tali. Aneka bacang dibanderol mulai dari Rp 20.000.

5. Steak on Street Meat Boss

Steak on Street Meat Boss menjadi salah satu stand yang ditunggu-tumggu para pecinta kuliner saat gelaran PTBY. Pasalnya, warung steik ini hanya buka pada waktu-waktu tertantu.

Salah satunya saat gelaran PBTY ini. Harga steik yang ditawarkan diklaim lebih murah daripada restoran pada umumnya, sehingga tak heran selalu habis terjual dengan cepat.

Menu andalan Steak on Street Meat Boss adalah daging wagyu hamburg dan saikoro steak yang dipanggang bersama saus racikan yang khas. Aneka menu steik dibanderol mulai dari Rp50.000 per porsi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.