Sukses

7 Kuliner Imlek Khas Kawasan Glodok Jakarta Barat

Berikut rekomendasi kuliner Imlek Glodok.

Liputan6.com, Jakarta - Kawasan pecinan Glodok, Jakarta Barat dikenal sebagai salah satu pusat kuliner lezat. Terlebih menjelang Imlek tiba, Kawasan Glodok menjadi tempat fovorit untuk berburu kuliner khas Imlek.

Kawasan tersebut juga terkenal dengan tempat makan enak yang halal dan non halal. Di antaranya ada yang sudah buka sejak puluhan tahun yang lalu dan memiliki pelanggang setia.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut rekomendasi kuliner Imlek Glodok.

1. Kari Lam

Kari Lam menjadi salah satu kuliner Imlek yang legendaris di Glodok. Kari Lam sudah mulai berjualan sejak 1973.

Menu andalan tepat makan ini adalah kari daging ayam yang disajikan dengan bihun dan kentang. Tidak hanya ayam, tempat makan ini juga menawarkan potongan daging sapi sebagai isian kari.

Harga seporsi kari ala Kari Lam dibanderol mulai dari Rp 45.000. Lokasi tempat makan ini berada di Jalan Pintu Besar Selatan II No. 7HI, Glodok.

Kari Lam buka setiap hari mulai pukul 09.00-15.30.

2. Cempedak Goreng Special Cik Lina

Cempedak goreng menjadi kudapan paling populer di Kawasan Glodok. Buah cempedak sekilas mirip dengan nangka, namun memiliki tekstur lebih lembut dan rasanya legit.

Cik Lina mengolah buat cempedak dengan cara dilumuri tepung kemudian di goreng. Hasilnya, kudapan ini memilik tekstur luar yang krispi dan lembut dan legit di dalamnya.

Harga satuan cepedak goreng dibanderol dengan harga Rp 12.500. Lokasinya berada di Gang Gloria, Glodok. Buka dari pukul 10.00-16.00 WIB.

Cempedak goreng cocok disantap saat berkumoul bersama merayaan Imlek.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nasi Campur Atek

3. Nasi Campur Atek

Nasi Campur Atek menjadi kuliner khas Imlek yang legendaris di Glodok. Nasi campur Koh Atek sudah berjualan sejak tahun 1956.

Menu yang ditawarkan tempat makan ini adalah nasi hainan dan nasi campur. Nasi hainan dan campur di sini disajikan dengan isian berupa samcan babi, char siu, telur, ati ayam, sate babu, dan timun segar.

Harga aneka menu di Nasi Campr Atek ini dibanderol mulai dari Rp 50.000-Rp 100.000. Tempat makan ini buka setiap hari, mulai pukul 08.00-21.00.

Nasi Campur Atek berlokasi di Gang Gloria, Glodok, Jl. Pintu Besar Selatan III No. 4-6, Pinangsia.

4. Bakmi Amoy

Bakmi Amoy sudah jualan di Gang Gloria sejak 1981. Bakmi legendaris ini justru dikenal berkat kelezatan Bakmi Campur dan Bakso Goreng.

Bakmi Campur di sini berisi bakmi lembut, char siu, samcan, serta irisan daging babi kecap. Semangkuk kuah kaldu seolah “mengikat” rasa semua topping tersebut.

Jangan lupa tambah taburan kulit babi kering yang akan menambah kelezatannya. Bakso Goreng di sini juga berukuran cukup besar, tetapi dihidangkan dalam potongan kecil.

Tekstur kulitnya renyah dan lembut di dalam. Cocol pakai sambal khusus lebih sedap.

Aneka menu yang ditawarkan Bakmi Amoy ini dibanderol mulai dari Rp 20.000 per porsinya. Lokasi tempat makan ini berada di Gang Gloria, Glodok, Jl. Pintu Besar Selatan III No. 4-6, Pinangsia.

5. Pi-Oh

Pi-oh menjadi salah satu tempat kuliner ektrem di Kawasan Glodok. Pi-oh merupakan olahan daging kura-kura atau bulus yang dibumbui dengan kuah tauco.

Tempat makan ini sudah bejualasan sejak 1927. Seporsi Pi-Oh sudah berisi daging, kulit, dan kaki kura-kura.

Kuliner bercita rasa unik ini dapat dinikmati dengan merogoh kocek Rp 50.000. Pi-oh berada di Gang Gloria, Glodok, Jl. Pintu Besar Selatan III No. 4-6, Pinangsia, atau berdekatan dengan Es Kopi Tak Kie.

6. Mi Kangkung Si Jangkung

Mie Kangkung Si Jangkung merupakan salah satu tempat yang menjual makanan halal di Gang Gloria. Tepat berada di ujung gang Gloria, tempat makan ini menawarkan semangkuk mi kuning yang berisi kangkung rebus, taoge, udang, potongan ayam melimpah, dan siraman kuah kaldu yang kental yang kecokelatan.

Selain menyuguhkan banyak isian, rasa dari semangkuk mi ini benar-benar gurih yang berpadu dengan kenyalnya mi dan renyahnya kangkung rebus. Semangkuk mi kangkung ini dibanderol dengan harga Rp 30.000.

7. Rujak Shanghai Encim

Tempat makan di Glodok ini sudah ada sejak tahun 1950. Rujak Shanghai Encim menawarkan menu rujak yang berisikan kangkung, lobak, cumi, dan ubur-ubur yang sudah direbus sebelumnya.

Ada yang unik dari rujak di Rujak Shanghai Encim ini, kuahnya berwarna merah yang diracik dari sambal tomat, saus, dan kecap asin. Tidak lupa juga dengan taburan bumbu kacang yang menambah kenikmatan.

Rujak yang ditawarkan di kedai makan legendaris di Glodok ini halal. Lokasinya berada di Pancoran Chinatown Point, Lantai 2, Jalan Pancoran Nomor 42A, Glodok.

Rujak Shanghai Encim buka dari pukul 09.00-20.30 WIB setiap hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.