Sukses

Akbar Himawan Buchari Mundur dari DPRD Sumut, Agung Satria Sitepu Calon Pengganti

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Akbar Himawan Buchari mengajukan surat pengunduran diri sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Utara (DPRD Sumut).

Liputan6.com, Medan Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Akbar Himawan Buchari mengajukan surat pengunduran diri sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Utara (DPRD Sumut).

Secara mekanisme, surat pengunduran diri Akbar diproses sampai Paripurna DPRD Sumut untuk persetujuan dan pengesahannya. Serta menjadwalkan pelantikan Pergantian Antar Waktu (PAW) peraih suara terbanyak kedua di bawah suara Akbar Himawan Buchari pada Pileg 2019.

Pada Pemilu 2019 lalu, seperti yang dikutip Liputan6.com, Rabu (4/1/2023), dari website resmi KPU Sumut, Akbar Himawan maju sebagai calon DPRD Sumut dari Partai Golkar. Mantan Ketua BPD HIPMI Sumut bertarung dari daerah pemilihan (Dapil) Sumut 2 yang mencakup 10 kecamatan di Kota Medan.

Dari Partai Golkar di Dapil Sumut 2, Akbar Himawan Buchari meraih suara terbanyak dengan total 14.159 suara. Sedangkan di urutan kedua diisi oleh Agung Satria Sitepu dengan perolehan 7.090 suara.

Dengan demikian, Agung Satria Sitepu menjadi nama calon yang akan dilantik pada Pergantian Antar Waktu (PAW) menggantikan Akbar Himawan Buchari.

Akbar Himawan pada Senin, 2 Januari 2023 mengajukan surat pengunduran diri sebagai anggota DPRD Sumut. Surat yang diteken langsung Akbar Himawan itu ditujukan kepada Ketua DPRD Sumatera Utara Baskami Ginting. Surat itu juga ditembuskan kepada Ketua Umum DPP Partai Golkar, Ketua DPD Golkar Sumut, Ketua Fraksi Golkar DPRD Sumut serta Sekretaris DPRD Sumut.

Isi surat menyatakan permohonan pengunduran diri Ketum BPP HIPMI Pusat itu sebagai Anggota DPRD Sumatera Utara periode 2019-2024.

"Dengan ini mengajukan diri sebagai Anggota DPRD Sumut periode 2019-2024 dikarenakan kesibukan dan tanggungjawab sebagai Ketua Umum BPP HIPMI 2022-2025 sehingga akan berdomisili di Jakarta dan tidak mampu menjalankan tugas sebagaimana mestinya," demikian petikan surat tersebut.

Diketahui Akbar Himawan Buchari mantan Ketua BPD HIPMI Sumut terpilih sebagai Ketum BPP HIPMI pada Musyawarah Nasional (Munas) XVII di Solo, Jawa Tengah 23 November 2022 lalu.

Sebagai Ketum BPP HIPMI, Akbar dan HIPMI diyakini akan fokus berperan membantu pemerintah dalam menanggulangi ancaman resesi serta percepatan ekonomi nasional.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ingin Fokus di HIPMI

Akbar Himawan Buchari mengundurkan diri dari jabatannya sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sumatera Utara (DPRD Sumut). Akbar mundur karena ingin fokus mengurus HIPMI.

Ketua Umum BPP HIPMI terpilih, Akbar Himawan Buchari, mengundurkan diri dari anggota DPRD Sumut sejak Selasa, 3 Januari 2023. Surat pengunduran diri sudah disampaikan Akbar ke Sekretariat DPRD Sumut.

Dalam surat yang diperoleh Liputan6.com, Akbar menjelaskan dirinya mundur karena kesibukan mengurus HIPMI. Akbar mengatakan dirinya juga akan tinggal di Jakarta.

"Dengan ini mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara periode 2019-2024 dikarenakan kesibukan dan tanggung jawab saat ini sebagai Ketua Umum BPP HIPMI masa bakti 2022-2025," tulis Akbar dalam surat itu.

"Serta akan berdomisili di Jakarta sehingga tidak mampu lagi menjalankan tugas sebagaimana mestinya," sambung Akbar.

Saat dikonfirmasi terkait pengunduran dirinya dari jabatan anggota DPRD Sumut, Akbar Himawan Buchari menjawab singkat, "Benar, bang," jawab Akbar.

Surat pengunduran diri Akbar itu dia tujukan kepada Ketua DPRD Sumut dengan tembusan Ketua Umum DPP Golkar, Ketua DPD I Golkar Sumut, Ketua Fraksi Golkar DPRD Sumut, dan Sekretaris DPRD Sumut.

3 dari 4 halaman

Terpilih Sebagai Ketua Umum HIPMI

Akbar terpilih menjadi Ketum HIPMI dalam Musayawarah Nasional (Munas) ke XVII HIPMI di Solo, Jawa Tengah, pada Rabu, 23 November 2022 lalu.

Dalam rapat pleno IV, Akbar Himawan Buchari menang di putaran kedua setelah memperoleh 92 suara dan mengungguli Bagas Adhadirgha mendapatkan 68 suara.

"Pelaksanaan pemilihan suara berjalan tuntas. Hasil pemilihan umum Munas Hipmi menetapkan saudara Akbar Himawan Buchari, Ketua Umum terpilih BPP HIPMI masa bakti 2022-2025," kata Sekretaris Sidang Pemilihan Ketum BPP HIPMI, Robert Muda Hartawan didampingi Ketua Sidang Hafrizal Okta Ade Putra.

Hasil lengkapnya pada putaran pertama calon ketua umum nomer urut satu Akbar Himawan Buchari memperoleh 57 suara, nomer urut dua Bagas Adhadirgha memperoleh 71 suara dan calon nomer urut tiga Eka Sastra Anggawira dengan 41 suara.

Karena tidak ada calon ketum yang mencapai 85 suara atau 50 persen + 1, maka dilakukan putaran 2 dan diikuti dua calon suara tertinggi. Yakni Bagas Adhadirgha dan Akbar Himawan Buchari.

Pada putaran kedua, Akbar Himawan Buchari meraih 92 suara dan Bagas Adhadirgha mendapatkan 68 suara. Sedangkan yang absen atau tidak sah 5 suara. Kemenangan Akbar tersebut karena mendapat tambahan suara dari para pendukung Caketum Eka Sastra Anggawira.

Jalannya proses pemilihan suara Caketum HIPMI dimulai pada Rabu, 23 November 2022, pukul 15.30 WIB, diawali dengan tahapan penetapan calon ketua umum, penyampaian visi misi dan pemungutan suara. Selanjutnya utusan atau voter dari 34 Badan Pengurus Daerah (BPD) seluruh Indonesia memberikan hak pilih secara bergantian.

Total terdapat 170 voter yang ikut dalam tahap pemilihan. Namun, ada 2 yang dilakukan diskualifikasi sehingga menjadi 168 suara. Kemudian di putaran kedua total suara sah berjumlah 165 karena ada beberapa surat suara rusak.

4 dari 4 halaman

Tim Formatur

Prosesi Munas HIPMI yang mulai tanggal 21 hingga 23 November 2022 sampai tahapan pemilihan ketua umum berjalan lancar dan sukses. Munas XVII juga menetapkan tim formatur antara lain Akbar Himawan Buchari, Bagas Adhadirgha dan Eka Sastra. Selanjutnya formatur membentuk seluruh kepengurusan BPP HIPMI 2022-2025.

Menurut Akbar Himawan Buchari selaku Ketum BPP HIPMI terpilih, pelaksanaan Munas XVII sudah diselesaikan dengan baik. Proses regenerasi tidak ada yang menang dan kalah, tetapi yang ada adalah pembelajaran sebagai pemimpin nasional.

"Saya mewakafkan kepada HIPMI tentu perlu dukungan seluruh kader seluruh Indonesia, saya mohon kerja samanya," kata Akbar Buchari.

Akbar Himawan Buchari mengatakan HIPMI merupakan organisasi dewasa yang berusia 50 tahun, yang selama ini berkontribusi aktif pada pembangunan ekonomi nasional. Dia berkomitmen membangun HIPMI ke depan bersama Bagas Adhadirgha dan Anggawira.

Sementara itu, Bagas Adhadirgha langsung memberikan selamat kepada Akbar Buchari. "Selamat kepada saudaraku Akbar Himawan Buchari semoga mampu memimpin HIPMI ke depan," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.