Sukses

6 Keunikan Kota Palu yang Jarang Diketahui

Selain dikenal karena keindahannya, kota ini juga memiliki banyak keunikan yang jarang diketahui masyarakat luas.

Liputan6.com, Palu - Palu merupakan ibu kota Sulawesi Tengah yang memiliki pesona berupa keindahan alam dan lautnya. Pada 2018, wilayah ini sempat dilanda bencana tsunami yang banyak memakan korban jiwa.

Namun, perlahan kota ini pun bangkit. Selain dikenal karena keindahannya, kota Palu juga memiliki banyak keunikan yang jarang diketahui masyarakat luas. Apa saja?

1. Asal Nama Kota Palu

Nama Kota Palu sebenarnya diambil dari kata "topalu’e". Kata tersebut berarti daratan yang terangkat.

Nama tersebut diberikan karena awalnya daerah ini merupakan lautan. Hingga suatu ketika, terjadi gempa dan pergeseran lempeng bumi yang menyebabkan daerah yang semula lautan menjadi terangkat.

Daratan tersebut kemudian membentuk daratan lembah. Hingga saat ini, daerah tersebut dikenal dengan nama Palu.

2. Masjid Terapung Palu

Masjid Terapung Palu memiliki nama asli Masjid Arkam Babu Rahman. Pada bencana tsunami, masjid ini sempat menjadi buah bibir masyarakat.

Pasalnya, masjid ini menjadi saksi bisu bencana yang menelan ribuan korban jiwa tersebut karena letaknya tepat berada di bibir pantai teluk Palu. Masjid ini memiliki 25 pilar dengan suguhan panorama laut yang sangat indah.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kota Lima Dimensi

3. Dijuluki Kota Lima Dimensi

Kota Palu memiliki lanskap alam yang lengkap dengan lima dimensi, yaitu lautan, sungai, pegunungan, teluk, dan lembah. Kelima dimensi tersebut dapat dilihat di Pantai Teluk Palu. Karena keunikan ini, Kota Palu pun dijuluki kota lima dimensi.

4. Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)

Presiden Joko Widodo telah meresmikan Kota Palu sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Mengutip dari laman kek.go.id, KEK Palu yang terletak di Provinsi Sulawesi Tengah merupakan kawasan pertama yang didesain oleh pemerintah sebagai pusat logistik terpadu dan industri pengolahan pertambangan di koridor ekonomi Sulawesi.

Secara geografis, KEK Palu yang terintegrasi dengan Pelabuhan Pantoloan dan dilalui jalur strategis Alur Laut Kepulauan Indonesia 2 memiliki potensi strategis sebagai hub antara kawasan barat dan timur Indonesia. Teluk Palu yang dalam dan lebar menyebabkan kawasan ini menjadi jalur perdagangan nasional dan internasional, yakni menghubungkan kota-kota di Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua serta negara-negara ASEAN. 

5. Jembatan Ponulele

Jembatan Ponulele merupakan salah satu jembatan yang menjadi ikon Kota Palu. Jembatan berwarna kuning menyala ini membantang di Teluk Talise.

6. Gerhana matahari total

Pada 2016, Indonesia menjadi salah satu wilayah yang dapat melihat gerhana matahari total. Lokasi tersebut berada di Sulawesi Tengah. Peristiwa tersebut pun diabadikan oleh Pemerintah Sulawesi Tengah dengan membangun Tugu GMT 9 Maret di Kota Palu, tepatnya di Anjungan Nusantara.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.