Sukses

Kue Kerst Krans Khas Kediri, Hidangan yang Hanya Bisa Dinikmati Saat Natal

Liputan6.com, Kediri - Perayaan Natal identik dengan aneka sajian kue. Kue yang paling ikonik dengan perayaan Natal adalah kue jahe.

Tak hanya kue jahe, di Kediri terdapat satu jenis kue spesial yang hanya diproduksi saat menjelang Natal. Kue tersebut adalah kue kerst krans, salah satu ragam kudapan spesial yang hanya bisa dinikmati saat momen Hari Raya Natal tiba.

Kue yang hanya dihidangkan satu tahun sekali ini merupakan kue dengan aneka isian, seperti selai nanas dan kacang mede. Uniknya lagi, kue ini juga diberi tambahan kayu manis

Kayu manis memberikan cita rasa unik dan aroma khas yang menggoda. Oleh karena itu, kuliner Kediri ini sangat cocok dinikmati di momen Hari Natal, baik untuk sarapan maupun sebagai kudapan di siang hari dengan ditemani secangkir teh.

Pembuat kue spesial ini adalah Pabrik Roti Orion. Pabrik roti ini berlokasi di Jalan Untung Suropati, Gang Buntu, Baluwerti, Kediri, Jawa Timur.

Roti ini telah diproduksi secara turun-temurun. Proses pembuatannya pun cukup tradisional dengan menggunakan kayu bakar untuk mempertahankan cita rasa khas.

Resep kuno kue kerst krans ini sudah berumur 52 tahun dan masih dipertahankan. Resep tersebut dibuat pertama kali oleh Subardi Hertanto pada 1970.

Generasi ketiga pengelola Roti Orion, Winarni mengaku, mulai kebanjiran orderan saat menjelang Natal. Kue ini umumnya memiliki bentuk seperti cincin.

Dalam sehari, pabrik tersebut mampu memproduksi kue kerst krans sebanyak 12 hingga 18 kue, bergantung jumlah pesanan. Dalam satu bulan, permintaan bahkan bisa mencapai 450-500 kue.

Kue kerst krans yang berbentuk seperti cincin ini umumnya memiliki diameter sekitar 20 cm. Kue ini dijual dengan harga Rp95 ribu per bungkus.

Selain memproduksi kue kesrt krans, pabrik tersebut juga memproduksi aneka jenis kue. Setidaknya, ada 20 jenis kue yang dibuat, mulai dari kue tawar, mesis coklat, hingga mentega kacang.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.