Sukses

Potret Kesederhanaan Pernikahan Kaesang dan Erina, dari Tak Tulis Gelar hingga Jumlah Mahar

Liputan6.com, Yogyakarta - Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, akan segera melepas masa lajangnya bersama finalis Puteri Indonesia 2022, Erina Gudono. Meski berasal dari keluarga terpandang, keduanya tetap menyelipkan sisi kesederhanaan dalam pernikahannya.

Sisi kesederhanaan itu terletak pada beberapa hal dalam pernikahan Kaesang dan Erina. Apa saja?

1. Undangan sederhana tanpa gelar sarjana

Undangan menjadi salah satu hal wajib yang harus ada di acara pernikahan. Seiring berkembanya zaman, undangan pun semakin berinovasi, baik dari segi bentuk maupun jenisnya.

Saat ini, undangan ada yang berbentuk fisik dan digital. Selain perihal desain, dalam undangan biasanya juga akan mencantumkan gelar dari kedua mempelai dan orangtua.

Namun, Kaesang dan Erina Gudono tak melakukan hal itu. Mengutip dari akun Instagram @hotmanparisofficial, undangan pernikahan kedua mempelai tampak sederhana dengan dominan warna putih dan tinta emas.

Menariknya, beredar pula undangan Kaesang-Erina yang tak menyertakan gelar sarjana. Bahkan, nama Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana juga ditulis tanpa gelar.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Suvenir UMKM

2. Suvenir dari UMKM Jawa Tinur

Selain undangan, suvenir juga menjadi bagian penting dalam acara pernikahan. Suvenir menjadi oleh-oleh sekaligus kenang-kenangan untuk para tamu yang telah bersedia hadir dan mendoakan kedua mempelai.

Dalam rangkaian acara pernikahannya, Kaesang dan Erina menyiapkan tiga suvenir, yakni untuk midodareni, akad, dan resepsi atau ngunduh mantu

Adapun kedua mempelai telah memesan suvenir dari UMKM Jawa Timur, yakni Anaria Souvenir. Pemilik Anaria Suvenir, Ria mengatakan, souvenir yang dipesan oleh Kaesang dan Erina adalah hasil dari para pengrajin UMKM di wilayah Jawa Timur.

Para pengrajin UMKM ini berasal dari Malang, Mojokerto, Jombang, dan Sidoarjo. Mereka turut terlibat dalam segala proses pembuatan buah tangan pasangan tersebut.

3. Kaesang beri mahar Rp 300.000 untuk Erina

Istilah mahar dalam Arab adalah 'alshidaq', yakni pemberian dari mempelai pria kepada mempelai wanita sebagai bukti kejujuran dan perlakuan baik kepada calon istri. Perihal mahar, Kaesang akan memberikan mahar kepada Erina sebesar Rp300 ribu.

Sebagai keluarga berada, biasanya mahar yang diberikan kepada calon istri bernilai fantastis. Namun, tidak bagi Kaesang.

Adapun makna jumlah mahar tersebut melatarbelakangi keduanya yang sama-sama anak ketiga. Kaesang adalah anak ketiga Presiden Joko Widodo dan merupakan adik dari Gibran Rakabuming Raka dan Kahiyang Ayu, sedangkan Erina Gudono merupakan anak ketiga dari empat bersaudara.

Kesang menyebut Erina adalah sosok yang sederhana dan tak neko-neko, sehingga Erina menerima mahar pernikahan tersebut dengan senang hati. Meski demikian, Kaesang menyebut mahar tersebut bukanlah satu-satunya yang akan ia berikan kepada Erina. Ia masih akan memberikan tambahan mahar lainnya untuk calon istrinya itu.

(Resla Aknaita Chak)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS