Sukses

Jamuan Makan ala Raja dalam Akad Nikah Kaesang Erina, Seperti Apa?

Liputan6.com, Yogyakarta - Pernikahan Kaesang dan Erina menghadirkan jamuan makan ala keraton, ladosan dhahar untuk tamu yang hadir pada prosesi akad nikah mereka. Akad nikah putra bungsu Presiden Joko Widodo dan finalis Putri Indonesia ini akan digelar di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo, Yogyakarta pada hari ini (10/12/2022).

Menurut Murdijati Gardjito Dkk dalam buku Kuliner Yogyakarta (2015), ladosan dhahar adalah cara menyuguhkan makanan untuk para raja dan tamu di Keraton Yogyakarta. Jamuan makan ini memiliki cara penyajian yang khas, yakni menggunakan kotak kayu bernama jodhang.

Jodhang berisikan hidangan seperti nasi, lauk pauk, dan buah-buahan. Kotak ini akan dipikul dan makanan disajikan oleh abdi dalem untuk para tamu.

Dua orang abdi dalem keraton kemudian membawa jodhang dengan memikul sekaligus memayungi wadah hidangan tersebut kepada raja, sembari diiringgi oleh abdi dalem perempuan. Ada banyak hidangan yang dapat disajikan dalam ladosan dhahar dalem.

Salah satu yang paling wajib adalah lodeh kluwih, menyimbolkan yang mulia. Upacara Ladosan Dhahar Dalem masih terus dilakukan sampai hari ini di Keraton Yogyakarta setiap hari pukul 11.00 WIB dan boleg disaksikan oleh wisatawan.

Namun apabila wisatan ingin mencoba sensasi jamuan ala raja-raja ini, dapat mencobanya di Hotel Royal Ambarrukmo. Nama paket jamuan makan ini adalah Ladosan Dhahar Kembul Bujana yang bisa dipilih untuk makan siang atau makan malam di situs bersejarah Bale Kambang.

Dikutip dari situs Royal Ambarrukmo, bangunan Bale Kambang dibuat pada 1857 dan dulu merupakan tempat tinggal resemi Hamengku Buwono VII. Saat ini Bale Kambang dibuka untuk tamu Hotel Royal Ambarrukmo untuk merasakan kehidupan Keraton Yogyakarta, termasuk cara makan dan makanan khas Keraton.

Tamu bisa menikmati paket makan Ladosan Dhahar Kembul Bujana dengan harga Rp 550.000, minimum pemesanan enam orang dan pemesanan dilakukan jauh hari.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS